STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENGATASI PENGANGGURAN, MENGURANGI KEMISKINAN, DAN MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI MASYARAKAT

Authors

  • Hegar Harini STKIP Kusuma Negara
  • Sulistianingsih Sulistianingsih STKIP Kusuma Negara
  • Herlina Herlina STKIP Kusuma Negara
  • Ahmad Jauhari Hamid Ripki STKIP Kusuma Negara
  • Arbiana Putri STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36271

Keywords:

Manajemen Pendidikan, Pengangguran, Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Masyarakat

Abstract

Dalam era globalisasi dan perubahan ekonomi yang cepat, pengangguran dan kemiskinan tetap menjadi tantangan besar bagi banyak masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis berbagai strategi manajemen pendidikan yang dapat digunakan untuk mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Metode penelitian ini merupakan tinjauan pustaka dengan pendekatan kualitatif yang dirancang untuk memberikan referensi bagi kaidah pengabdian masyarakat. Data penelitian diambil dari Google Scholar dengan rentang waktu publikasi dari tahun 2017 hingga 2024. Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa manajemen pendidikan memainkan peran krusial dalam mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Melalui pendekatan kualitatif dengan tinjauan pustaka, penelitian ini mengeksplorasi berbagai strategi dan program pendidikan yang telah diterapkan di Indonesia dan menunjukkan hasil yang signifikan. Studi kasus seperti Program Kartu Prakerja, Program Indonesia Pintar, dan Kampus Merdeka memberikan gambaran nyata tentang bagaimana inisiatif pendidikan dapat mempengaruhi pasar kerja, kesejahteraan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Program-program ini menggarisbawahi pentingnya relevansi kurikulum, pelatihan untuk pendidik, dan kolaborasi antara pendidikan dan industri dalam menciptakan dampak positif.

References

Ahmad, F. S., & Rayyan, F. (2024). Implementasi Sistem Informasi Manajemen pada Lembaga Pendidikan atau Sosial Formal. Merkurius: Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(4), 194–207. https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i4.163

Aini, Y. N., & Purba, Y. A. (2022). Analysis of Labor Absorption and Link & Match Program in Vocational School Graduates of Marine & Fisheries Program. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 12(1), 23–37. https://doi.org/10.15578/jksekp.v12i1.10339

De Schutter, O., Frazer, H., Guio, A.-C., & Marlier, E. (2023). How poverty is perpetuated across generations. In The Escape from Poverty (pp. 18–60). Policy Press. https://doi.org/10.51952/9781447370611.ch002

Dian, N., & Lina, S. W. (2017). pelaksanaan program internship dalam upaya meningkatkan citra lembaga pendidikan (studi kasus: fakultas teknologi informasi – universitas kristen satya wacana). Jurnal SCRIPTURA, 7(2), 47–56.

Femi, S. W., & Pepen, S. (2023). Penerapan Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk Meningkatkan Kualitas dan Profesionalisme Guru. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 8(2), 148–160.

Karo, F. A. K., & Yusnida. (2023). Causality Analysis Between Unemployment, Poverty, and Economic Growth in the Southern Sumatra Region. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1315–1328.

Logachev, M. S., Orekhovskaya, N. A., Seregina, T. N., Shishov, S., & Volvak, S. F. (2021). Information System for Monitoring and Managing the Quality of Educational Programs. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 93. https://doi.org/10.3390/joitmc7010093

Lukman Sholeh, Sutiah, Makruf Al Arif, Rosyida Rahmatul Haq, Kuntum Khaira Ummah, & Miqdad. (2023). Management of Educators and Educational Staff Development in Improving the Quality of Education. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 6(1), 1–15.

Oswald-Egg, M. E., & Renold, U. (2021). No experience, no employment: The effect of vocational education and training work experience on labour market outcomes after higher education. Economics of Education Review, 80, 102065. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2020.102065

Pal, S. (2023). Education as a Catalyst for Economic Development: A Comparative Study. International Journal of Science and Research (IJSR), 12(5), 1138–1142. https://doi.org/10.21275/SR23514151945

Panjaitan, D. V., Nunung Nuryartono, & Lukytawati Anggraeni. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Partisipasi Tenaga Kerja dalam Program Kartu Prakerja. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 10(1), 20–43. https://doi.org/10.29244/jekp.10.1.2021.20-43

Satriadi, S., Almaududi Ausat, A. M., Heryadi, D. Y., Widjaja, W., & Sari, A. R. (2022). Determinants of Entrepreneurial Intention: A Study on Indonesian Students. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 29(3), 151–165. https://doi.org/10.20476/jbb.v29i3.1323

Suhendar, F. A., Ruli Vita Sari, Trias Pangesti, Zakiyya Muflih Gusma Putra, & Aris Prio Agus Santoso. (2024). The Impact of Poverty in Indonesia on Education. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 8(2), 1119–1125.

Suwarni, S. (2023). Curriculum Development Management: Challenges and Opportunities in the Era of Global Education. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 297–309. https://doi.org/10.31958/jaf.v11i2.11861

Wirastiani, B. Y., Bambang, I., & Wasitohadi. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 44–53.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Harini, H., Sulistianingsih, S., Herlina, H., Ripki, A. J. H., & Putri, A. (2024). STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENGATASI PENGANGGURAN, MENGURANGI KEMISKINAN, DAN MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI MASYARAKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10586–10591. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36271