SOSIALISASI PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BAGI UKM SARI BAKERY DI ERA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3614Keywords:
UKM, Sosial MediaAbstract
Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya           untuk  membangkitkan kesadaraan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat diperlukan karena masyarakat merupakan subjek pembangunan yang bertanggungjawab untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya secara mandiri. Kegiatan digitalisasi UKM merupakan salah satu alternatif dalam memulihkan perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19. Pemanfaatan penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu faktor pendorong bagi UKM untuk dapat meningkatkan penjualan dan dapat bersaing di dunia digital. Sosial media merupakan salah satu media digital yang dapat digunakan pelaku UKM secara murah, gratis, dan jangkauannnya luas. Penggunaan media sosial pada UKM memberikan manfaat diantaranya sebagai sarana kontak personal dengan konsumen, bermanfaat sebagai sarana promosi/advertising, mendata kebutuhan konsumen, menyampaikan respon ke konsumen, dan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Disamping itu, media sosial juga bermanfaat sebagai forum diskusi online, memantau pelanggan secara online, survey pelanggan, mendata kebutuhan penyalur, mendata kebutuhan pemasok serta untuk menampilkan galeri produk (Priambada, 2015). UKM sangat berkontribusi bagi perekonomian Indonesia dan perekonomian daerah khususnya. Berdasarkan kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan pada UKM Sari Bakery dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sosial media merupakan strategi pemasaran digital yang bisa digunakan oleh UKM dalam upaya mempertahankan serta meningkatkan penjualan di era pandemi Covid-19.References
Hadiyati, E. 2008. Model Pemasaran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen
Gajayana.
Maulana, Y. 2017.http://swa.co.id/swa/csr-corner/.
http://swa.co.id/:http://swa.co.id/swa/csrcorner/yuswohady-ukm-harusmanfaatkanperkembangandigital
Meisari, Dewi & Hidayah, Isniati. 2018. Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang
Berperan Besar. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62
Miller, R., Lammas, N., 2009. Social Media and its Implication for Viral Marketing. Asia
Pacific Public Relation Journal, vol 11, pp. 1-9.
Paulus, E & Lestari, L, I. 2012. Still Life. Jakarta: PT. Elex Media Koputindo
Priambada, Swasta. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil
Menengah (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.
Purwarna, Dedy; Rahmi; Aditya, Shandy. 2017. Pemanfaatan digital marketing bagi
usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan malaka sari, duren sawit.
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani.
Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan
Bersaing UKM di Indonesia.
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-25 (2)
- 2022-02-25 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Deni Amelia, Elva Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.