PELATIHAN BACA TULIS AL-QUR'AN (BTQ) BAGI TENAGA PENUNJANG UNIMUS (DRIVER, SATPAM, DAN OFFICE BOY)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35799Keywords:
Pelatihan BTQ, Literasi Al-Qur'an, Karyawan UNIMUS, Tajwid, Pengembangan Spiritual, Pendidikan Agama, Peningkatan Kualitas Spiritual, Universitas Muhammadiyah Semarang.Abstract
Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), sebagai institusi pendidikan tinggi berbasis Islam, berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan spiritual sivitas akademika, termasuk karyawan, melalui program pelatihan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, merancang, dan menyebarkan program pelatihan BTQ bagi karyawan UNIMUS guna meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca dan memahami Al-Qur'an. Survei awal menunjukkan bahwa banyak karyawan memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan BTQ, namun terhambat oleh keterbatasan waktu, akses pembelajaran yang sistematis, serta lingkungan kerja yang kurang mendukung. Program pelatihan ini dirancang selama 8 minggu dengan metode ceramah, diskusi kelompok, praktik langsung, dan bimbingan personal. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepuasan peserta, di mana dari 47 peserta, 23 orang (48,94%) merasa puas dan 24 orang (51,06%) merasa sangat puas. Meskipun ada peningkatan yang signifikan, hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan BTQ tidak dapat sepenuhnya berhasil hanya dalam waktu singkat dan memerlukan pendampingan lebih lanjut pasca pelatihan. Selain peningkatan teknis, pelatihan juga berdampak positif pada kesejahteraan spiritual peserta. Pelatihan ini diharapkan menjadi model bagi institusi lain yang ingin mengembangkan aspek spiritualitas karyawannya.References
A. M. Fakultas Tarbiah, D. Ilmu, K. Uin, and S. Riau, “IMPLEMENTASI KLARIFIKASI NILAI DALAM PEMBELAJARAN DAN FUNGSIONALISASI ETIKA ISLAM,” 2006.
D. Noviani, Y. priyanti, P. Studi Perbankan Syariah, and S. Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah, “Pelatihan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).”
E. C. Dewi and H. Asy’ari, “Prosiding Seminar Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Majapahit Volume 2 2023 MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MI NURUL HUDA 2 KOTA MOJOKERTO”
I. W. Saud and G. N. Darise, “Implementasi Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa IAIN Manado,” 2022. [Online]. Available: http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/nyiur/inde
I. Riskiyah, “INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PENDIDIKAN 18 PESANTREN DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN KARANGANYAR PAITON PROBOLINGGO,” 2020. [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
M. Akhyar, M. Kustati, R. Amelia, and P. Agama Islam, “PELATIHAN BTQ MENGGUNAKAN METODE CARD SORT BAGI SANTRI RUMAH TAHFIZ FIISABILILLAH PADANG,” Communnity Development Journal, vol. 4, no. 6, 2023.
M. Kamil Jafar, “Pelatihan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) Pada Mahasiswa Baru di IAIN Manado”, [Online]. Available: http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius
M. Pendidikan Islam dan Studi Sosial, A. Salim Chamidi, and T. Rodhianna, “UPAYA PENGUATAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BACA TULIS AL QURAN (BTQ) (STUDI DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 1 KUTOWINANGUN),” no. 1, 2018
M. A. Andree and T. Kurniawan, “MAHASISWA (Analisis pada Jurusan PAI dan UPI IAIN Metro),” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, vol. 7, no. 1, 2020.
M. A. Anjeli, M. Kustati, and G. Gusmirawati, “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru TPQ di Kampung Padang Lawe Nagari Amping Parak Kecamatan Surantih,” Al-DYAS, vol. 2, no. 3, pp. 848–859, Oct. 2023, doi: 10.58578/aldyas.v2i3.1972.
P. Penanaman et al., “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam,” 2019.
S. Sari Nurasiah, S. Asiah, and R. Artikel, “Jurnal of Community Development in Islamic Studies Fakultas Agama Islam-Universitas Islam 45 PELATIHAN BACA TULIS AL QUR’AN INTERAKTIF BAGI JAMAAH MAJELIS TAKLIM DARURROHMAH MUARAGEMBONG INFORMASI ARTIKEL ABSTRACT.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ali Imron, Rijal Wakhid Rizkillah, Supriadin Supriadin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.