PENERAPAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENGENALAN HURUF BAGI ANAK KELAS A TK RIFANDA PALEMBANG

Authors

  • Rina Oktaviana Universitas Bina Darma
  • Ani Vusvita Sari Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35701

Keywords:

TK-Rifanda Palembang, Media Flashcard, Pengenalan Huruf

Abstract

Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Masa usia dini (0 sampai 6 tahun) merupakan masa keemasan dimana stimulasi seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. masa awal kehidupan anak merupakan masa penting dalam rentang kehidupan seseorang anak. Pada masa ini pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan fisiknya. metode yang digunakan yaitu menggunakan wawancara dan observasi dan untuk Tindakan penulis menggunakan media flashcard sebagai bahan ajaran. hasil pengabdian Masyarakat yang dilakukan media pembelajaran flashcard dapat mengembangkan kemampuan membaca dan mengenal huruf pada anak TK Rifanda. Terlihat dari awal proses pembelajaran sampai dihari terakhir program pembelajaran, anak sudah memperlihatkan perubahan yang cukup terlihat. Anak yang awalnya masih suka menebak-nebak kini mampu mengingat huruf dengan mengeja kata dengan baik. Anak yang awalnya suka menebak-nebak kini mulai berusaha mengingat dengan terus mengeja setiap kata hingga anak mampu mengingat huruf-huruf alfabet.

References

Arnilasari, W. (2023). strategi guru dalam pembelajaran anak usia dini di paud terpadu kirana kecamatan tamalate kota makassar.

Astuti, A. W., Syafrudin, U., & Oktaria, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 6(1), 39-48.

Cokorda, A. A., & Eldiana Tri, N. (2018). perancangan buku pop-up sebagai sarana pengenalan huruf untuk anak usia dini di badung.

Delfita, R. (2012). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan gambar dalam bak pasir di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5).

Julia, J., Wahira, W., & Suriani, S. (2022). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 95-103.

LISNA, A. (2023). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar.

Mahyuddin, N., Syukur, Y., & Hidayati, A. (2016). Efektivitas penggunaan video camera dalam pembelajaran dan implikasinya terhadap pelayanan anak usia dini (usia 4-6 tahun) di kota Padangnenny Mahyuddin. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45-60.

Masruroh, A. (2009). Hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan rasa percaya diri siswa-siswi di Taman Kanak-Kanak primagama kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Mu’arofah, M. A. (2017). implementasi media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di tk az-zahro bendil kepatihan menganti gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

MUFAROCHAH, H. M. (2024). upaya meningkatkan daya konsetrasi anak usia 5-6 tahun melalui media flashcard di ra al wathoniyyah semarang 2023 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG).

Nofianti, R. (2023). analisis deviant behavior dalam keluarga {parenting} terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penerbit Tahta Media.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara. Saputro, A. D. (2017). Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar. Holistik, 2(1), 69-80.

Safitri, A. N., & Ernawati, F. (2018). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata pada Anak di TK Aisiyah 5 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018.

Suryana, D. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Perkembangan Anak.

Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 93-107.

Veryawan, V. (2020). Media kartu huruf dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini. lentera, 2(2), 151-164.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16.

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin. Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Kencana.

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Oktaviana, R. ., & Sari, A. V. . (2024). PENERAPAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENGENALAN HURUF BAGI ANAK KELAS A TK RIFANDA PALEMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9520–9525. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35701

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.