ANALISIS UPAYA PENANGANAN DAN PENCEGAHAN STUNTING BALITA DAN IBU HAMIL (STUDI KASUS DESA PEMATANG PANJANG)

Authors

  • Wahyudi Ramadhan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabila Erliani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Galuh Citra Sukma Dwika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nadia Sabrina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurin Afrina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Sufni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suheri Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35601

Keywords:

Stunting, Ibu Hamil, Penanganan.

Abstract

Stuting menjadi isu yang mendesak untuk diselesaikan karena berdampak pada kualitas sumber daya manusia indonesia di masa depan. Studi ini bertujuan melihat upaya penanganan dan pencegahan stunting di kabupaten batu bara, kecamatan air putih, desa pematang panjang. Yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisa deskriptif. Sumber data berupa analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa di desa pematang panjang masih terdapat anak anak yang terkena stuting, ini disebabkan oleh penanganan stunting di desa pematang panjang bahwasannya masih belum stabil dalam menangani gejala stunting yang terjadi di desa pematang panjang. Dengan adanya data stunting yang masih ada di desa pematang panjang, perangkat desa berupaya untuk menurunkan dan berupaya untuk menanganin gejala stunting di desa pematang panjang, dengan melakukan dan memberikan sarana dan prasana yang baik untuk kesehatan, rutin sosialisasi mengenai kesehatan dan gejala stunting, mengadakan program makan bergizi di setiap hari selama 3 bulan. Itu sudah menjadi bentuk upaya perangkat desa pematang panjang untuk menurunkan gejala stunting yang ada di desa pematang panjang.

References

Anwar, C., Abdullah, M., & Sasmita, V. (2020). Stunting dan Faktor yang Berhubungan Studi Kasus Kontrol di Wilayah Kerja Puskesmas Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 988-999.

Aridiyah, Farah O., dkk. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Balita di Wilayah Pedesaan dan Perkantoran (The Factors Affecting Stunting on Toddlers in Rular and Urban Areas). E-Jurnal Pustala Kesehatan. 3(1).

Arifin, K. M. R. Z. (2022). Evaluasi Kebijakan Program Pencegahan Stunting Di Wilayah Pamanukan (Studi Kasus Pada Puskesmas Pamanukan). The World of Public Administration Journal.

Astutik, A., Rahfiludin, M. Z., & Aruben, R. (2018). Faktor risiko kejadian stunting pada anak balita usia 24-59 bulan (Studi kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Gabus II Kabupaten Pati tahun 2017). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 409-418.

Cermas. 2018. Lampung: Ayo Cegah Stanting!.Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Bandar Lampung.

Lubis, D. P., Ginting, K., Manik, H. G. M., & Rahmadi, M. T. (2023). Identifikasi Pencegahan Stunting Pada Balita Melalui Penerapan Pola Hidup Sehat (Studi Kasus Kelurahan Sunggal). SATWIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 63-69.

Ni’mah, Khoirun dan Siti R.N. 2015. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita. Media Gizi Indonesia: 13-19.

Notoatmodjo. Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. (Jakarta: Rineka Cipta).

Nurva, L., & Maharani, C. (2023). Analisis Pelaksanaan Kebijakan Penanggulangan Stunting: Studi Kasus di Kabupaten Brebes. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 12(2), 74-83.

Panigoro, Melika Inda., dkk. 2023. Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Stunting Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Tilongkabila. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Gizi (JIG). 1(1).

Pratiwi, Endah Dwi dan Yeri Delsia Nenogasu. 2023. Edukasi Ibu Hamil Dalam Upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(10).

Priyono, P. (2020). Strategi Percepatan Penurunan Stunting Perdesaan (Studi Kasus Pendampingan Aksi Cegah Stunting di Desa Banyumundu, Kabupaten Pandeglang). Jurnal Good Governance.

Roesli U., 2012. Panduan Inisasi Menyusui Dini Plus ASI Ekslusif. (Jakarta: Pustaka Bunda).

Saryono. 2010. Metode penelitian kualitatif. (Bandung: PT. Alfabeta).

Septikasari. 2018. Status Gizi Anak dan Faktor yang Mempengaruhi. (Yogyakarta: UNY Press).

Susilo, Manudyaning Hayun, dkk. 2023. Edukasi Ibu Hamil Dalam Upaya Pencegahan Stunting Pada Balita (Education Of Pregnant Woman In An Effort To Prevent Stunting Todler). Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan. 5(1).

Utari, Fadilla., dkk. 2023. Literatur Revies: Analisi Pelaksanaan Program Pencegahan Stunting Di Puskemas. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 22(3).

Wulandari, A., & Kurniawati, H. F. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stunting: Studi Kasus pada Puskesmas di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buletin Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 2(01), 51-58.

Yanti, N. D., Betriana, F., & Kartika, I. R. (2020). Faktor Penyebab Stunting Pada Anak: Tinjauan Literatur. Real In Nursing Journal, 3(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Ramadhan, W. ., Erliani, S. ., Dwika, G. C. S. ., Sabrina, N. ., Afrina, N. ., Sufni, N. ., & Harahap, S. . (2024). ANALISIS UPAYA PENANGANAN DAN PENCEGAHAN STUNTING BALITA DAN IBU HAMIL (STUDI KASUS DESA PEMATANG PANJANG). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9405–9410. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35601