PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK KELOMPOK DI DESA SAINONI KECAMATAN BIKOMI UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA PROVINSI NUSA TENGARA TIMUR

Authors

  • Berno Benigno Mitang Universitas Timor
  • Yesus Armiro Korbaffo Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3546

Keywords:

Bumkel, Sainoni, Pendampingan, Organisasi

Abstract

Sainoni terletak di Kecamatan Bikomi Utara, berbatasan dengan RDTL. Desa sainoni memiliki kondisi geografis yang bagus demi kelangsungan hidup masyarakatnya. Masyarakat Desa sainoni dalam menghadapi situasi iklim yang cukup baik tersebut. Mereka terpanggil untuk membantu Pemerintahan Daerah dan Kecamatan  dengan membentuk kelompok kelompok usaha kecil. Kelompok tersebut bergerak di bidang pertanian, perkebunan, peternakan , pembuatan obat obat tradisional (jamu dan sejenisnya). Dalam hal ini mereka membantu kelompok Usaha demi meningkatkan kesejahteraan masyarak di Desa Sainoni khususnya kelompok kelompok usaha yang mereka bentuk. Ada satu kelompok usaha bersama yang mereka bentuk yaitu Kelompok usaha Bersama Boenana. Kelompok ini diketuai olah Baltasar Anunu. Usaha yang kelompok ini emban adalah bersama sama menyejahterakan anggota kelompoknya dan masyarakat sekitar dengan mengoptimalkan sluruh potensi yang ada di Kelompok tersebut. Khususnya kelompok ini bergerak di bidang pertanian dan peternakan serta mereka membentuk koperasi simpan pinjam buat anggota dan masyarakat sekitarnya.kelompok ini untuk menigkatkan pengelolahan Badan Usaha Kelompok mereka sehingga mereka dapat berkembang maju. Dalam membekali mereka dalam rangka mencapai tujuan mereka maka ditempuh langkah- langkah sebagai berikut; pertama Menghubungi Camat Bikomi Utara untuk mendiskusikan topik yang hendak diabdikan yaitu Pemberdayaan Masyarakat  Melalui Peningkatan Pengelolaan Badan Usaha Milik Kelompok Boenana di Desa Sainoni Kecamatan Bikomi Utara , kedua Menyelenggarakan pelatihan pengelolaan usaha melalui BUMKel serta perbaikan administrasi Badan Usaha Milik Kelompok Boenana  dan pelatihan perencanaan program kerja Badan Usaha Milik Kelompok Boenana dan ketiga Menyelenggarakan Bimbingan teknis dan pendampingan pengelolaan Badan Usaha Milik Kelompok Boenana meliputi : perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban.

References

Afandi, A. dkk. (2015). Modul Participatory Action Research (PAR) untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing). Surabaya: LPPM UIN Sunan Ampel.

Davis, G.F.dan Cobb, J.A. (2009). Resource Dependence Theory: Past and Future• Research in the Sociology of Organizations. April 1, 2009.

H.A.W. Widjaja. 2010. Otonomi Kelompok: Merupakan Otonomi Yang Asli, Bulat dan Utuh. Jakarta: RajaGrafindo.

Juliantara, Dadang. 2003. Pembaruan Kelompok, Bertumpu Pada Yang Terbawah. Jogjakarta: Lappera.

Kartohadikoesoemo, Soetardjo. 2004. Kelompok. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Kelompok

Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Kelompok.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Badan Usaha Milik Kelompok.

Downloads

Published

2022-01-30 — Updated on 2022-07-18

Versions

How to Cite

Mitang , B. B. ., & Korbaffo, Y. A. . (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK KELOMPOK DI DESA SAINONI KECAMATAN BIKOMI UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA PROVINSI NUSA TENGARA TIMUR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 68–73. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3546 (Original work published January 30, 2022)