PELATIHAN PENGOPTIMALAN MARKETPLACE UNTUK PENINGKATAN OMSET UMKM INDUSTRI TAS

Authors

  • Eka Susilowati Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Effy Zalfiana Rusfian Universitas Indonesia
  • Syarifuddin Sulaiman Universitas Muhammadiyah Makasar
  • Sri Juminawati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Tiris Sudrartono Politeknik Piksi Ganesha Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.3510

Keywords:

Marketplace, Omset, Industri

Abstract

Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) secara umum mengalami penurunan. Melansir situs Jabarekspress, Usaha Kecil dan Mikro kota Bandung, pada tahun 2021 persentase omset UMKM di dunia fashion khususnya tas menurun sebesar 84%. Hal ini diakibatkan oleh penurunan permintaan pasar. Pada masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sekitar 1 tahun, UMKM merupakan kelompok yang kegiatan usahanya terkena dampak sangat besar sehingga sebagian besar mengalami penurunan pendapatan. Dalam aktivitas perekonomian Indonesia, kehadiran UMKM memiliki peran sangat besar baik dilihat dari aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi. UMKM sebagian besar menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat dalam negeri, dari sisi distribusi UMKM memiliki peran penting dalam memutarkan rantai pasok produk dari produsen ke konsumen, dan dari sisi konsumsi UMKM merupakan kekuatan demand yang dapat menggerakkan roda perekonomian.  Oleh karena itu, pasca pandemi Covid-19, UMKM harus menjadi bagian dari pelaku ekonomi yang didorong pengembangannya agar memiliki peran semakin besar bagi ekonomi nasional. Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah untuk membantu UMKM industry tas di Kabupaten Soreang dalam peningkatan omset melalui penggunaan marketplace. Sosialiasi dilaksanakan secara daring dan dihadiri beberapa UMKM industry tas. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan 23 Oktober 2022. Metode dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan dan diskusi diakhir pelaksanaan.Pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak baik UKM, pemerintah maupun akademisi. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini, para peserta pelatihan mendapat pengetahuan tentang marketplace, termasuk bagaimana menggunakan marketplace untuk pemasaran produk. Dengan demikian, diharapkan apa yang disampakan dalam pengabdian masyarakat ini dapat mengoptimalkan pemasaran produknya melalui marketplace online.

References

Deni Apriadi, A. Y. S. (2017). E-Comerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136. https://doi.org/10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002

Dewiwati Pelipa, E., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3, 94–105.

Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi PKM, 2(2), 206.

Novyanti, R., Shintia, N., Maharani, S. H., Effendi, T., Banjarmasin, P. N., & Com, O. (n.d.). Pelatihan Digital Marketing Melalui Media Sosial Pada Umkm Kelompok Binaan Kuliner Dinas Koperasi, Umkm & Tenaga Kerja Kota Banjarbaru.

Tahara Shita, R., Li Hin, L., Diana, A., Gata, G., & Ariesta, A. (n.d.). Pelatihan Marketplace Online Untuk Memperluas Pemasaran Produk Wirausaha Bagi Masyarakat Parung Serab Ciledug.

Wahyuni, N., Irman, A. S. M., & Gunawan, A. (2018). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku Ukm Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).

Downloads

Published

2022-11-03 — Updated on 2022-12-17

Versions

How to Cite

Susilowati, E., Rusfian, E. Z. ., Sulaiman , S. ., Juminawati, S. ., & Sudrartono, T. . (2022). PELATIHAN PENGOPTIMALAN MARKETPLACE UNTUK PENINGKATAN OMSET UMKM INDUSTRI TAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1553–1558. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.3510 (Original work published November 3, 2022)