This is an outdated version published on 2022-01-30. Read the most recent version.

PENINGKATAN KUALITAS UMKM BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR)

Authors

  • Moh. Nurul Qomar IAIN KUDUS
  • Lorena Dara Putri Karsono Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Fina Zahrotul Aniqoh Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Chamidah Nor Aini Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Yassirlana Anjani Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494

Keywords:

UMKM, Digital, PAR

Abstract

Salah satu potensi desa Karangampel Kudus adalah keberadaan UMKM.  Sistem pemasaran UMKM tersebut masih bersifat konvensional. Di tengah pandemi sekarang ini, sebuah kebutuhan transformasi pemasaran dari konvensional ke digital. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan edukasi urgensi digital marketing sebagai media dalam melakukan promosi di tengah pandemic covid-19. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah participatory action research (PAR) selama satu bulan penuh di mitra pengabdian Desa Karangampel, Kudus. Pelibatan langsung masyarakat terlihat dalam beberapa program kegiatan pengabdian masyarakat, antara lain, sebanyak 20 pelaku usaha dan UMKM berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan. Hasil dari pengabdian ini adalah aktivasi website desa sebagai pusat informasi desa, beberapa produk UMKM sudah mampu mampu menggunakan digital sebagai media promosi. 

References

Azhar Ramadhanty, C., Raefanty Nadya, D., Mustaqimah, Z., Yosintha, R., & Tidar, U. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UKM TERDAMPAK COVID-19 DI KELURAHAN SIDOREJO TEMANGGUNG. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 31–42. https://doi.org/10.31002/ABDIPRAJA.V2I1.3626

Bhinadi, A. (2017). Penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. https://books.google.com/books/about/Penanggulangan_Kemiskinan_dan_Pemberdaya.html?id=b8hEDwAAQBAJ

Diana, L., Nor, S., Kumaeroh, A., Syalima, I., & Tidar, U. (2020). UPAYA MENINGKATKAN NILAI EKONOMI PELAKU UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DUSUN KARANGANYAR. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 8–13. https://doi.org/10.31002/ABDIPRAJA.V1I1.3206

Heny, M., Dewi, U., Kehutanan, F., Gadjah, U., & Baiquni, M. M. (2013). PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DI DESA WISATA JATILUWIH TABANAN, BALI. Jurnal Kawistara, 3(2), 17–2013. https://doi.org/10.22146/KAWISTARA.3976

Jamaludin, A. N. (2013). Sosiologi Perdesaan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/MANOVA.V3I2.301

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50. https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/AKSARA.6.1.62-71.2020

Safeí, A. A., Ono, A., & Nurhayati, E. (2020). Pengembangan Masyarakat Perspektif Islam dan Barat.

Suhartati, L., Danuz, S. Z. D., Sasmita, G. F. A., Nurjanah, I., & Herniwati, J. (2021). Penyuluhan Kewirausahaan Dan Bimbingan Teknis Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(2). https://doi.org/10.32493/%jamh.v2i2.10755

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.25078/PBA.V3I2.649

Downloads

Published

2022-01-30

Versions

How to Cite

Qomar, M. N., Lorena Dara Putri Karsono, Fina Zahrotul Aniqoh, Chamidah Nor Aini, & Yassirlana Anjani. (2022). PENINGKATAN KUALITAS UMKM BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494