PERAN DIGITALISASI UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA BISNIS: SESI PEMAPARAN BAGI ANGGOTA ASOSIASI RISET ILMU MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS

Authors

  • Hendy Tannady Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34896

Keywords:

Organisasi, Digitalisasi, Performa, Daya Saing

Abstract

Tujuan dari kegiatan seminar ini adalah memberikan edukasi dan wawasan tentang perkembangan terkini proses transformasi digital bagi pengelolaan organisasi dan bisnis, sehingga diharapkan peserta mendapatkan wawasan yang lengkap mengenai penggunaan digitalisasi untuk meningkatkan performa kerja organisasi. Seminar diadakan pada hari Kamis, 15 Agustus 2024 secara daring. Seminar diselenggarakan oleh Asosiasi Riset Manajemen Kewirausahaan dan Bisnis (ARIMBI). Simpulan dari kegiatan seminar adalah bahwa dewasa ini adopsi dan penggunaan teknologi digital sudah merupakan kebutuhan dasar dan terutama bagi bisnis agar terus dapat bertahan dan bersaing. Digitalisasi pada proses bisnis dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses kerja dan meningkatkan produktivitas, implikasinya adalah pada peningkatan performa kerja departemen dan performa kerja dari organisasi. Terdapat tantangan dan hambatan dalam adopsi dan implementasi dari digitalisasi yaitu cara pandang pemimpin dan keterbatasan anggaran, namun pada prinsipnya digitalisasi dipandang penting oleh pelaku industri dan dapat dijadikan modal berharga bagi peningkatan daya saing perusahaan.

References

Calderon-Monge, Esther & Ribeiro-Soriano, Domingo. (2023). The role of digitalization in business and management: a systematic literature review. Review of Managerial Science. 18. 1-43. 10.1007/s11846-023-00647-8.

Madyatmadja, E. D., Nindito, H., Pristinella, D., & Tannady, H. (2020). Evaluation of Social Media in Digital Supply Chain Management. International Journal of Supply Chain Management, 9(5), 573-580.

Renwarin, J. M., Sudiantini, D., Fahrani, H., Maulydiawati, M., Jessica, T., Hanzdima, F. X. J., & Tannady, H. (2024). Does The Purchase Preference and Consumer Beliefs can Predicts Increased of Repurchase Intention of Traditional Culinary in Indonesia?. Siber International Journal of Digital Business (SIJDB), 2(1), 84-88.

Rachinger, M., Rauter, R., Müller, C., Vorraber, W. and Schirgi, E. (2019). Digitalization and its influence on business model innovation. Journal of Manufacturing Technology Management, 30(8), 1143-1160. https://doi.org/10.1108/JMTM-01-2018-0020

Tannady, H., & Dewi, C. S. (2024). Exploring role of technology performance expectancy, application effort expectancy, perceived risk and perceived cost on digital behavioral intention of GoFood users. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 80-85.

Tih, S., Wong, K. K., Lynn, G. S., & Reilly, R. R. (2016). Prototyping, customer involvement, and speed of information dissemination in new product success. Journal of Business & Industrial Marketing, 31(4), 437-448.

Xiao, H., & Yang, T. (2020). Sustainability business model innovation: Research review and outlook. Foreign Econ. Manag, 9, 3-18.

Wang, H., Li, Y., & Tan, Q. (2022). The impact of digital transformation based on Meta-analysis on enterprise performance. J. Syst. Manag., 1, 112–123.

Wang, Z., Lin, S., Chen, Y., Lyulyov, O., & Pimonenko, T. (2023). Digitalization Effect on Business Performance: Role of Business Model Innovation. Sustainability, 15(11), 9020. https://doi.org/10.3390/su15119020

Wang, M. & Zhang, B. (2022). The impact of enterprise digital capabilities on business model innovation–Based on the perspective of organizational resilience and environmental turbulence. Res. Financ. Issues, 7, 120–129

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Tannady, H. . (2024). PERAN DIGITALISASI UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA BISNIS: SESI PEMAPARAN BAGI ANGGOTA ASOSIASI RISET ILMU MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8851–8855. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34896