This is an outdated version published on 2022-02-07. Read the most recent version.

PERENCANAAN KARIR DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 SEMARANG

Authors

  • Puspita Puji Rahayu Universitas Nasional Karangturi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3478

Abstract

Salah satu tugas remaja dalam tahap perkembangan adalah mempersiapkan masa depan terutama karir. Siswa kelas XII berada pada tahap eksplorasi periode kristalisasi. Pada masa ini, remaja mulai mengidentifikasi kesempatan dan tingkat pekerjaan yang sesuai, serta mengimplementasikan pilihan karir tersebut dengan memilih pendidikan dan pelatihan yang sesuai. Perencanaan karir sangat penting, karena berhubungan dengan keberhasilan dan kegagalan individu dalam pekerjaannya kelak.Karyawan yang  bekerja pada posisi yang tidak diminati yang membuat karir terhenti. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dan kepuasan kerja sehingga dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi SMA mengenai pentingnya perencanaan karir sejak dini. Pandemi berdampak pada beberapa sektor pekerjaan, sehingga siswa perlu mempersiapkan diri dan memilih jurusan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan oleh lingkungan maupun industri.

References

Bimbingan 2. 259-266.

Asmadinar, Yuni. (2019). Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Di MAN Jeuram. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Bencek, A. &. Vidacek. (2015). Networking Supported by Communication Technology and Nonformal Education as a Part of Career Planning. Journal Central European on Information and Intelligent System, 67-72.

Hirunnisa (2020). Perencanaan Karir Siswa Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Pada 3 Siswa SMA N 1 Jetis). Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Merbu Buana Yogyakarta.

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Islami, Iqbal. (2013). Perencanaan Karir dan Rencana Pembelajaran. Dapat diakses melalui:

https://text-id.123dok.com/document/y95l75lz-perencanaan-karir-siswa-smk-dan.html

Izzawati, Nurlely. (2015). Efektivitas Pelatihan Perencanaan Karir Terhadap Peningkatan Efikasi Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa MAN Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mahmoda, Siti. (2005). Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Organisasi terhadap Pengembangan Karir Pegawai di Kanwil VII Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). UNAIR: Surabaya

Savickas. (2013). Career construction theory and practice. In S.D. Brown & R.W. Lent (eds,), career development and conseling: putting theory and research to work. (2nd ed., pp.147-183). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons

Setiawati, R. (2014). Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Mind Map Pada Siswa Kelas Kelas XII Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Tahun 2013/2014. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Tohirin (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Walgito,Bimo. (1995).Bimbingan dan Penyulihan di Sekolah. Yogyakarta : Andi Ofset.

Winkel, W. S dan Hastuti, Sri (2006).Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Downloads

Published

2022-02-07

Versions

How to Cite

Puspita Puji Rahayu. (2022). PERENCANAAN KARIR DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3478