This is an outdated version published on 2022-01-24. Read the most recent version.

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SOFTWARE 3D PAGEFLIP PROFESIONAL

Authors

  • Abubakar Dabet Universitas Malikussaleh
  • Siraj Universitas Malikussaleh
  • Taufiq Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3470

Abstract

Proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini telah berakibat pada rendahnya konsentrasi siswa dalam belajar, sehingga diperlukan sebuah media inovatif yang dapat membantu siswa untuk belajar di rumah ataupun dimana pun sehingga siswa dapat belajar dimana saja. Salah satu media inovatif yang mampu memfasilitasi siswa dalam belajar adalah e-modul. Mitra dalam pengabdian pemberdayaan masyarakat ini adalah guru-guru SMK Negeri 4  Lhokseumawe. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah: 1) Belum lengkapnya media-media pembelajaran yang variatif, interaktif dan inovatif yang digunakan dalam proses pembelajaran; 2) Minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif seperti e-modul yang dapat dikaitkan dengan konteks materi yang ada di SMK; 3) Kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran masih rendah; dan 4) Pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun dan mengembangkan e-modul yang interaktif dan inovatif masih sangat terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi guru dalam merancang dan mengembangkan  e-modul  berbasis software 3d pageflip professional. Pelatihan ini menggunakan pendekatan “Student Centered Learning†dengan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Hasil pengabdian ini telah meningkatnya pengetahuan, kemampuan dan keterampilan guru dalam merancang dan mengembangkan e-modul berbasis software 3d pageflip professional sesuai dengan materi yang diajarkan. Produk berupa e-modul berbasis software 3d pageflip professional dan mampu mengimplementasikan produk yang telah dihasilkan tersebut dalam kegiatan belajar mengajar secara online.

References

Aisy, Desmita Rohadatul, Farida, dan Siska Andriani. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8 (1): 61-71.

Laila, Ganefri dan Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (3):306-315.

Nasrah, Sayni dan Siraj. 2021. Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Sains Berbentuk Pop-Up Book Berbasis Potensi Lokal bagi Guru SD Negeri 3 Percontohan Peusangan. Jurnal Vokasi. 5 (1):69-73.

Syarkani dan Siraj. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Budaya pada Mahasiswa FKIP Fisika Universitas Al Muslim. Variasi, 10 (5): 15-20.

Syarkani, Siraj, dan Sri Milfayetty. 2019. Program Kemitraan Masyarakat bagi Kelompok Guru TK/RA Melalui Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Edukatif Berbasis Nilai-nilai Islam di Kota Lhokseumawe. Universitas Al Muslim Bireuen. Jurnal Vokasi, 3 (2): 61-65.

Downloads

Published

2022-01-24

Versions

How to Cite

Abubakar Dabet, Siraj, & Taufiq. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SOFTWARE 3D PAGEFLIP PROFESIONAL . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 50–55. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3470