PENDAMPINGAN OPTIMASI PEMASARAN PRODUK UNGGULAN DESA KEMANTREN BERBASIS DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.34622Keywords:
Digital Marketing, Produk Unggulan Desa, Media SosialAbstract
Produk unggulan desa merupakan salah satu usaha peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan ciri khas yang berbeda dari daerah lain. Salah satu kendala dari proses pengembangan usaha produk unggulan Desa Kemantren yaitu kurangnya optimalnya pemasaran dan penjualan secara online. Sedangkan manfaat dari digital marketing diantaranya efisiensi biaya dan waktu, fleksibel dan interaktif, jangkauan pasar yang sangat luas, serta mudah diukur dari segi dampak pada penjualan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan literasi dan kompetensi pemilik UMKM di Desa Kemantren dalam pemasaran secara online atau digital marketing sehingga produk unggulan yang dimiliki dapat menjangkau luar wilayah daerah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan beberapa aplikasi media sosial diantaranya Google My Business, Tiktok, Instagram, Canva, dan Website sebagai alat bantu pemasaran digital. Kegiatan dimulai dari tahap pelatihan, dilanjutkan dengan pendampingan yang dilakukan selama 2 minggu. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan secara periodik tiap minggu untuk memantau perkembangan pemasaran digital tiap UMKM. Hasil dari pendampingan ini yaitu pemilik UMKM telah mampu menguasai teknik digital marketing dan menerapkannya dalam promosi di berbagai media sosial.References
Fuaddah, Zamroatul, Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, and Andre Rahmanto. 2022. “Digital Marketing Strategy for Campaigning @kedasbeutypusat Social Media Accounts on TikTok Application BT - Proceedings of the 3rd International Media Conference 2021 (IMC 2021).” Pp. 19–30 in. Atlantis Press.
Indonesia. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jakarta.
Kingsnorth, Simon. 2022. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing. 3th ed. New York: Kogan Page.
Purba, Mas Intan, Demak Claudia Yosephine Simanjutak, Yois Nelsari Malau, Walmi Sholihat, and Edy Anas Ahmadi. 2021. “The Effect of Digital Marketing and E-Commerce on Financial Performance and Business Sustaina-Bility of MSMEs during COVID-19 Pandemic in Indonesia.” International Journal of Data and Network Science.
Putri, Dwiana Rahmadiati. 2021. “Digital Marketing Strategy to Increase Brand Awareness and Customer Purchase Intention (Case Study: Ailesh Green Consulting).” European Journal of Business and Management Research 6(5):87–93. doi: 10.24018/ejbmr.2021.6.5.1063.
Sastika, W., B. Suryawardani, and F. H. Hanifa. 2016. “Analysis of Website Quality, Brand Awareness on Trust and Its Impact on Customer Loyalty.” Pp. 472–78 in Proceedings of the 2016 Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship. Atlantis Press.
Septiani, Fauziyah. 2022. Dasar Dasar Pemasaran Digital. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Setiajatnika, Eka, and Yudith Dwi Astuti. 2022. “Potensi Produk Unggulan Daerah Dan Strategi Pengembangannya Di Kabupaten Kepulauan Aru.” Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen 13(1):97–114. doi: 10.32670/coopetition.v13i1.1243.
Shadrina, Reza Nur, and Yoestini Sulistyanto. 2023. “Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan 5(2):78–83. doi: 10.31849/jmbt.v5i2.14231.
Wahyuni, Sri. 2024. “Pengaruh Financial Technology, Media Sosial, E-Commerce,Dan Google My Businessterhadap Peningkatan Pendapatan UMKM.” Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 2(4):731–45.
Yuliani, Nafisah, and Diana Novita. 2019. “Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal ( Studi Kasus?: UMKM Gresik , Jawa Timur ) Universitas Esa Unggul.” Ikraith-Abdimas 5(1):146–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Soffa Zahara, Erna Tri Asmorowati, Andhika Cahyono Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.