This is an outdated version published on 2021-11-30. Read the most recent version.

PENINGKATAN PENGGUNAAN SOCIAL LEARNING NETWORK (SLN) CLASSROOM BAGI SISWA-SISWI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU BERBASIS MOBILE

Authors

  • Herlina Latipa Sari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Achmad Fikri Sallaby Universitas Dehasen Bengkulu
  • Venny Novita Sari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Atang Khotami Universitas Dehasen Bengkulu
  • Wulandari Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3430

Keywords:

Classroom, Social Learning Network (SLN), Mobile

Abstract

COVID-19 sangat berdampak pada dunia pendidikan, bahwa dari dunia pendidikan se-Indonesia, Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk meliburkan seluruh aktifitas pendidikan. Pemerintah dan lembaga pendidikan harus segera mencari solusi atau cara agar pendidikan sekolah tetap berjalan walaupun pada saat pandemi COVID-19. Kendala yang dirasakan dari siswa tidak dapat mengikuti proses belajar daring yang dilaksanakan oleh guru dikarenakan ketiadaan sinyal jaringan internet dan selain itu juga sebagaian orang tua yang kondisinya pas-pasan juga ketidaktahuan penggunaan aplikasi  yang digunakan dalam pembelajaran online/daring. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pelatihan penggunaan Google Classroom  untuk mengoptimalkan pembelajaran di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, Siswa-siswi setelah dievaluasi dari pelaksanaan kegiatan penyampaian materi dan praktek pelatihan penggunaan google classroom, siswa-siswi mengungkapkan bahwa kendala dan ketakutan dalam mengikuti pembelajaran secara daring mereka lebih siap mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti yang dilaksanakan seperti tatap muka dengan menggunakan google classroom berbasis mobile menggunakan HP masing-masing. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya penggunaan Social Learning Network (SLN)Classroom bagi siswa-siswi SMA Negeri 9 Kota Bengkulu berbasis Mobile  dan meningkatnya ketrampilan siswa-siswi yaitu mampu melakukan penggunaan classroom dan pengelolaannya dengan benar.

References

Ali, S., & Afreni, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah COVID-19 . Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Vol 6 Nomor 02 , 214-224.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020, 282-289.

Aris, N., Erawaty, N., Massalesse, J., Sirajang, N., Wahda, Kasbawati, et al. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Bagi Guru SMAMelalui Media Google Classroom danGeogebra(Bekerjasama dengan MGMP Matematika Kabupaten Bone). Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)Vol. 3 No. 2 Oktober 2019 –e. ISSN: 2550-0821, 196-200.

Hamdani, A. U., Suryadi, L., Harsanto, K., & Broto, S. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Class Room Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Bagi Guru Smk Muhammadiyah 9 Jakarta . IKRAITH-ABDIMAS Vol 3 No 1 Bulan Maret , 95-100.

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, Jayuz, & Nazhifah. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model PekanbarU. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, VOL.3 No.1, MEI 2019, ISSN : 2550-0198, 19-23.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, Dan Quizizz. Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19, 16-26.

Republik Indonesia, P. (2014). KEMENDIKBUD. Pendidikan Jarak Jauh. Dasar. Menengah. Penyelenggaraan. No.1650. Jakarta: WWW. Peraturan.go.id.

Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Purba, H. S., Muhammad, D. M., & Aziz, S. H. (2019). Pelatihan Penggunaan Google Classroomuntuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bubungan Tinggi Volume 1 Nomor 2 Halaman 56-60 http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index.

Syaharuddin. (2019). PEMBELAJARAN MASA PANDEMI: DARI KONVENSIONAL KE DARING. Malang: Penulis adalah tenaga edukatif Pendidikan IPS FKIP ULM.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Awadi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar 61Volume. 5, Nomor 1 April 2020. ISSN: 2685-8312(online) ISSN: 2527-5445 (cetak) http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php, Hal 61-68.

Downloads

Published

2021-11-30

Versions

How to Cite

Herlina Latipa Sari, Achmad Fikri Sallaby, Venny Novita Sari, Atang Khotami, & Wulandari. (2021). PENINGKATAN PENGGUNAAN SOCIAL LEARNING NETWORK (SLN) CLASSROOM BAGI SISWA-SISWI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU BERBASIS MOBILE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1261–1267. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3430