PELATIHAN KETRAMPILAN DASAR MICROSOFT OFFICE PADA ANAK-ANAK YATIM DAN DHUAFA

Authors

  • Ida Fitriani Universitas Indraprasta PGRI
  • Yossi indrawati syuhardi Universitas Indraprasta PGRI
  • Munich Heindari Ekasari STMIK Jakarta STI&K
  • Kosdiana Kosdiana STMIK Jakarta STI&K

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3399

Keywords:

Microsoft Office, Komputer, Teknologi, Anak Yatim dan Dhuafa

Abstract

Penggunakan komputer membuat anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram dengan menarik. Semakin anak tertarik akan program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka belajar membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar membaca melalui buku yang itu-itu saja. Anak dapat mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Anak juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak-anak dapat menjadi pandai dalam matematika lantaran sering berlatih dengan menggunakan bantuan komputer dan dapat memiliki banyak kosa kata dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Yayasan Anak Yatim Dhomyadu yang berlokasi di Pamulang, Tangerang Selatan. Denga menggunakan Microsoft Word memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan keterampilan anak-anak Yatim dan Dhuafa  dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komputer, mereka sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan lebih lanjut. Mereka sudah mengerti dan dapat mengoperasikan Microsoft Office.

References

Arif, A. (2020). Pembuatan Aplikasi Pengolahan Nilai Dengan MS. Excel Bagi Guru SMA Negeri 4 Pagar Alam. NGABDIMAS, 3(1), 27–31.

Arif, A., & Masdalipa, R. (2020). Pelatihan Modul Pembelajaran Menggunakan MS. Word Bagi Guru SMP Dan Sma Di Pulau Pinang Lahat. NGABDIMAS, 3(2), 41–50.

Ayuningtyas, A., Retnowati, N. D., Pujiastuti, A., Indrianingsih, Y., & Honggowibowo, A. S. (2019). Pelatihan Mendesain Artikel Artistik Menggunakan Microsoft Word Bagi Kelas 5 SD di SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 13–20.

Suryana, I. G. P. E., & Antara, I. G. M. Y. (2021). Pengenalan Aplikasi Microsoft Office Anak Sekolah Dasar di Lingkungan Banjar Malkangin Kelurahan Dajan Peken Tabanan. Sains Penmas, 1(1), 22–32.

Downloads

Published

2022-01-17 — Updated on 2022-07-16

Versions

How to Cite

Fitriani, I., syuhardi, Y. indrawati, Ekasari, M. H., & Kosdiana, K. (2022). PELATIHAN KETRAMPILAN DASAR MICROSOFT OFFICE PADA ANAK-ANAK YATIM DAN DHUAFA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3399 (Original work published January 17, 2022)