This is an outdated version published on 2022-02-06. Read the most recent version.

PENGENALAN DAN PELATIHAN MEDIA SOSIAL KEPADA PELAKU HOME INDUSTRI SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN BAILANG KOTA MANADO

Authors

  • Sangputri Sidik Universitas Negeri Manado
  • Siti Fathimah Universitas Negeri Manado
  • Awaluddin Hasrin Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3396

Keywords:

media sosial, home industri, covid-19

Abstract

Pelaku home industry cenderung kurang update dalam mempromosikan hasil kerajinannya, sehingga dalam hal pemasaran hanya diseputaran lingkungannya saja. Jika dioptimalkan teknik pemasaran hasil produk kerajinan ini mampu meningkatkan omset penjualan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga ibu-ibu pelaku home industry. Terlebih lagi di masa pandemi covid 19 yang mewajibkan masyarakat untuk membatasi aktivitas diluar rumah. Dengan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat membuat para pelaku home industry semakin terpuruk dalam hal pemasaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode pengenalan media sosial yang mencakup beragam media sosial yang dapat dimanfaatkan dalam mempromosikan hasil produk kerajinan home industry kepada ibu-ibu pelaku home industry, kemudian melakukan pelatihan langsung guna menunjang kemampuan mengoperasikan media sosial. Kegiatan ini berdampak positif bagi para pelaku home industry di Kelurahan Bailang, Kota Manado, karena selama ini mereka hanya mempromosikan hasil produknya melalui mulut ke mulut atau hanya lewat toko kelontong yang dibuat sekedarnya. Setelah mengikuti pelatihan ini terdapat peningkatan pengetahuan pada penggunaan media sosial dan peningkatan keterampilan serta menambah wawasan dalam rangka meningkatkan penjualan dan tentunya meningkatkan pendapatan bagi pelaku home industry.

References

Kondoy, Erric, Dan Rahmania Rahman. 2020. “Peluang Usaha Kecil Kuliner Rumahan Masyarakat Perum Kharisma Koka Ditengah Pandemi Covid 19.†JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4(3). Doi: 10.36312/Jisip.V4i3.1164.

Kusuma, Indra Lila, Tira Nur Fitria, Dan Maya Widyana Dewi. 2021. “Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Peluang Bisnis Untuk Generasi Milenial Di Soloraya Selama Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal BUDIMAS 03(02):7.

Moonti, Usman, Dan Erman I. Rahim. 2021. “Strategi Pengembangan Kewirausahaan Desa Botubarani Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Abdimas Terapan 4.

Salem, Veronika E. T., Siti Fathimah, Sangputri Sidik, Dan Awaluddin Hasrin. 2021. “Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Pada Ibu-Ibu Di Jemaat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga).†Jurnal Ilmiah Mandala Education 7(3). Doi: 10.36312/Jime.V7i3.2305.

Sidik, Sangputri, Awaluddin Hasrin, Dan Siti Fathimah. 2020. “Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Waktu Operasional Pasar Di Kabupaten Minahasa Akibat Penanggulangan Covid-19.†JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4(3). Doi: 10.36312/Jisip.V4i3.1160.

Widyaningrum, Meiyanti, Desi Suryati, Musniasih Yuniati, Dan Dra Rohmiati Amini. 2020. “Inovasi Kewirausahaan Di Masa Pandemi Covid 19.†Alamtana 1(03):9.

Downloads

Published

2022-02-06 — Updated on 2022-02-06

Versions

How to Cite

Sidik, S., Fathimah, S., & Hasrin, A. (2022). PENGENALAN DAN PELATIHAN MEDIA SOSIAL KEPADA PELAKU HOME INDUSTRI SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN BAILANG KOTA MANADO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3396