EDUKASI TANGKAS BERINTERNET DAN BIJAK BERSOSIAL MEDIA BAGI ANAK DAN REMAJA SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN DATA PRIBADI UNTUK PENCEGAHAN KEJAHATAN SIBER

Authors

  • Daulat Nathanael Banjarnahor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Firinta Togatorop Politeknik Bisnis Indonesia
  • Doris Yolanda Saragih Politeknik Bisnis Indonesia
  • Sepriandison Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Jan Sardo Pratama Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33825

Keywords:

Internet, Sosial Media, Data Pribadi, Kejahatan Siber

Abstract

Saat ni anak dan remaja menjadi salah satu pengguna internet dan media sosial terbanyak di Indonesia, namun dari fakta tersebut juga ditemukan kondisi yang mengkhawatirkan, yaitu anak dan remaja semakin rentan jadi korban kejahatan di ruang digital. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi bagi anak dan remaja sejak dini untuk tangkas berinternet dan bijak bermedia sosial sebagai upaya perlindungan data pribadi untuk pencegahan kejahatan siber. SMA Negeri 1 Pematangsiantar dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan PkM dengan alasan bahwa dominan para siswa/siswi SMAN 1 Pematangsiantar belum memahami dengan baik terkait pemahaman kejahatan siber dan pemahaman terkait teknologi informasi dan internet yang aman.  Hasil dan kesimpulan pelaksanaan kegiatan PkM adalah perlunya dipahami sejak dini bagi para anak dan remaja tentang jenis-jenis ancaman potensial dalam internet dan media sosial, dan dalam upaya membangun ketangkasan berinternet dan bermedia sosial, unsur-unsur utama yang perlu ditanamkan sejak dini, yaitu: SASKB, yang memiliki kepanjangan: Smart (cerdas), Alert (cermat), Strong (tangguh), Kind (bijak), dan Brave (Berani). Tim PkM memberikan rekomendasi yaitu kegiatan sejenis perlu diinsersi ke dalam mata pelajaran agar dapat berdampak masif bagi peningkatan pemahaman anak dan remaja untuk berinternet dan bermedia sosial dengan baik.

References

Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Anjar, A., Susilawati, E., Siregar, Z. A., & Yanris, G. J. (2021). Kontribusi media sosial terhadap kebijakan publik pemerintah indonesia dalam penanganan COVID-19. Jurnal Education and Development, 9(2), 168–174.

Ardiputra, S., Burhanuddin, B., AR, M. Y., Maulana, M. I., & Pahruddin, P. (2022). Sosialisasi UU ITE No. 19 Tahun 2016 dan Edukasi Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 707–718. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jamsi.314

Cahayani, N. L. P., Westra, I. K., Ariyati, N. M., Netriani, N. K., & Sau, T. S. B. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 96–102. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.47117

Dwidara Fahresi, D. (2022). Pengaruh Media Sosial Akun Instagram@ ermansafar Terhadap Partisipasi Politik Generasi Milenial Bukittinggi pada Pemilihan Walikota Bukittinggi 2020. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58404

Eniyati, S., NS, R. C., Zuliarso, E., & Wismarini, D. (2021). Edukasi Penggunaan Media Sosial Dan Literasi Internet Untuk Memfiltrasi Berita Hoax Dan Fakta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 7–12. https://doi.org/https://doi.org/10.35315/intimas.v1i1.8515

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006–1013. https://doi.org/https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609

Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020). Literasi digital pada remaja digital (Sosialisasi pemanfaatan media sosial bagi pelajar Sekolah Menengah Atas). Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047

Muhammad Rizal, N., Iqbal, M., & Zahriyanti, E. (2022). Kompetensi guru PAUD dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924–6939.

Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). PROSES LITERASI DIGITAL TERHADAP ANAK: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619

Pambudi, Restu, Budiman, A., Rahayu, A. W., Sukanto, A. N. R., & Hendrayani, Y. (2023). Dampak Etika Siber Jejaring Sosial Pada Pembentukan Karakter Pada Generasi Z. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 289–300.

Pambudi, Rilo, Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2019). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345

Pinariya, J. M., & Lemona, M. (2019). Literasi Internet Ramah Anak. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(02), 50–56. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/am.v2i02.860

Safitri, R., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Edukasi Hukum Melalui Media Sosial Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 377–385. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1517

Safitri, S. G., & Aulina, C. N. (2022). Analisis Pemahaman Pendidik Anak Usia Dini Kelompok Usia 5-6 Tahun Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 76–87.

Sholeh, M., & Basuki, U. J. (2018). Pemahaman remaja Masjid Al Aman Kersen Bantul pada pengelolaan media sosial secara sehat dan cerdas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 111–118.

Simbolon, B. R., & Khairifa, F. (2018). Strategi Komunikasi Pemerintahan dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Desa Wisata Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir. Jurnal Darma Agung, 26(3), 606–619.

Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa pada kelas x otkp di smkn1 lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26902

Wanto, A., Suhendro, D., & Windarto, A. P. (2018). Pelatihan dan bimbingan dalam pemanfaatan internet yang baik dan aman bagi pelajar SMK Anak Bangsa Desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 149–157.

Wilantika, N., Nurmalasari, M., & Wibisono, S. B. (2019). Edukasi Penggunaan Internet Sehat, Aman dan Produktif Melalui Kelompok Majelis Taklim. Jurnal Ekonomikawan, 19(2), 455542.

Yovinus, Y. (2018). Peran Komunikasi Publik Media Sosial dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung. Jurnal Academia Praja, 1(01), 185–211. https://doi.org/10.36859/jap.v1i01.47

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Banjarnahor, D. N. ., Togatorop, F. ., Saragih, D. Y. ., Saragih, S. ., & Purba, J. S. P. . (2024). EDUKASI TANGKAS BERINTERNET DAN BIJAK BERSOSIAL MEDIA BAGI ANAK DAN REMAJA SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN DATA PRIBADI UNTUK PENCEGAHAN KEJAHATAN SIBER. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 8221–8227. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33825