PELATIHAN DIGITAL DAKWAH PADA PIMPINAN CABANG ‘AISYIYAH DI KABUPATEN BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.33760Keywords:
Pengelolaan Organisasi, Dakwah Digital, Pimpinan Cabang ‘AisyiyahAbstract
Menghadapi kehidupan dunia digital yang kompleks, perempuan di organisasi ‘aisyiyah diharapkan mampu mengikuti perkembangan teknologi serta memiliki keterampilan digital untuk dakwah dan dalam mengelola organisasi. Masih banyak pimpinan ‘aisyiyah yang belum memiliki kemampuan digital, khususnya para pimpinan ‘Aisyiyah yang berada di cabang dan ranting. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan organisasi di era digital dan dakwah digital pada Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah tentang pengelolaan organisasi di era digital, dan pelatihan digital dakwah untuk meningkatkan kompetensi budaya digital pada pimpinan cabang ‘Aisyiyah kabupaten Banyumas. Pelatihan terdiri dari membuat leaflet menggunakan aplikasi Canva, membuat channel dan live youtube. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan pada Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah di kabupaten Banyumas tentang pengelolaan organisasi di era digital yang ditunjukkan dari hasil pre-test (M = 9,94) dan post-test (M = 12,54). Selain pengetahuan peserta yang meningkat, ketrampilan peserta dalam membuat leaflet dan live youtube juga terjadi peningkatan, yang awalnya 10 peserta (77%) belum dapat menggunakan aplikasi canva setelah diberikan pelatihan meningkat menjadi 45 peserta (80%) sudah bisa menggunakan aplikasi canva untuk membuat leaflet. Sedangkan kemampuan peserta dalam membuat channel youtube dan live youtube yang awalnya 92% peserta belum bisa, setelah dilakukan pelatihan sebanyak 76% peserta sudah memiliki kemampuan dalam membuat channel dan live youtube.References
Hobbins,R. (2010). Digital and media literacy a plan of action: White paper. Washington,DC: The Aspen Insti- tute
Legner C, Eymann T, Hess T, Matt C, Böhmann T, Drews P, Mädche A,Urbach N & Ahlemann F (2017). Digitalization: opportunity andchallenge for the business and information systems engineeringcommunity. Business & Information Systems Engineering 59(4), 301–308.
Nursatyo. (2014). Daya Tarik Pesan Komunikasi Pemasaran di Media Sosial The Attractiveness Of Marketing Communication Messages in Social Media. Universitas Nasional Jakarta.
Rai, A. ( 2019). Digital Divide : How Do Women in South Asia Respond?. International Journal of Digital Literacy and Competence, 10(1), 1-14. doi: 10.4018/ IJDLDC.2019010101
Urbach N & Röglinger M (2019). Introduction to Digitalization Cases: HowOrganizations Rethink Their Business for the Digital Age BT. In: UrbachN & Röglinger M (editors), Digitalization Cases: How OrganizationsRethink Their Business for the Digital Age (pp. 1–12). Springer.
Wijayanto, X. A., Fitriyani, L. R., & Nurhajati, L. (2019). Mencegah dan mengatasi bullying di dunia digital. In Seri Literasi Digital Japelidi (Cetakan Pe, Vol. 59). Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat?: London School of Public Relations Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Retno Dwiyanti, Lahan Adi Purwanto, Wida Purwidianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.