BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA

Authors

  • Anisa Rizkayati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Eka Rosmitha Sari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kamarudin Kamarudin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Suarti Suarti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Silvana Wulandari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nur Akidatul Jannah Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33601

Keywords:

Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Ular Tangga, Motivasi Peserta DIdik

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran ular tangga. Media pembelajaran dirancang untuk meningkatkan minat belajar, keterampilan sosial, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Metode pengembangan model menggunakan pendekatan penelitian tindakan yang melibatkan kolaborasi antara guru dan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis motivasi belajar siswa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga merupakan solusi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, kolaborasi antar siswa meningkatkan keterampilan sosial dan kerja sama. Pelatihan yang dilakukan membantu dalam mengembangan strategi pembelajaran yang efektif memotivasi peserta didik. Model pembelajaran ular tangga ini dapat diadopsi dan diadaptasi oleh guru pada semua jenjang pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dan berdampak positif terhadap minat dan hasil belajar siswa.

References

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Nisa, K., & Sjamsir, H. 2022. Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Menggunakan Media Loose Part Melalui Kegiatan Bermain Variatif pada Anak Kelompok A TK Teratai Birayang. Bedumanagers Journal, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30872/bedu.v3i1.1600

Novita Aswan, Hasibuan, F. A., Hery Dia Anata Batubara, Yusra Fadhillah, & Muhammad Noor Hasan Siregar. 2023. Pelatihan Evaluasi Hasil Belajar Menggunakan Ms Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sistem Pembelajaran Pada MAS YPKS Kota Padang Sidempuan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.234

Permendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.

Virawati, Y., Permana, E. P., & Zunaidah, F. N. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berkarakter Materi Asean Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 31–40. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.351

Wahyudi, D. , N. N. , R. B. , & P. D. M. 2022. Peningkatan Kreativitas Anak dengan Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah dan Kardus Bagi Anak di Desa Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu. Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 65–73.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Rizkayati, A. ., Sari, E. R. ., Kamarudin, K., Suarti, S., Wulandari, S. ., & Jannah, N. A. . (2024). BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 8071–8074. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33601