SOSIALISASI TENTANG TANTANGAN ”DIGITAL TALENT GAP’’ BAGI GENERASI MILENIAL PADA MAHASISWA FATEGOMI DI DI KOTA STUDI JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33590Keywords:
Pengabdian, Digital Talent Gap, Generasi MilenialAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah : (1) Penyamaan Persepsi dan pemahaman Generasi Milenial Fategomi terhadap tantangan Digital Talent Gap pada Revolusi Industri 4.0. (2) Generasi Milenial Fategomi memiliki pengetahuan tentang strategi dan ketrampilan yang dibutuhkan oleh generasi milenial sesuai kebutuhan pasar kerja di era revolusi industri 4.0. Hasil akhir yang dicapai dari pengabdian kepada Masyarakat ini antara lain : (1) Revolusi Industri 4.0 berdampak kepada seluruh aspek kehidupan manusia dan juga berdampak langsung pada sektor publik maupun sektor swasta (2) Para peserta sosialisasi menyadari dan mengetahui bahwa ada beberapa kemampuam dan ketrampilan yang wajib mereka miliki di era digital saat ini antara lain : (a) Kemampuan berfikir analitik dan mampu berinovasi, (b) kemampuan mengidentifikasi permasalahan yang kompleks, dan (c) kemampuan berfikir kritis. Para peserta sosialisasi 100 persen menyadari bahwa revolusi industri 4.0 yang sedang melanda dunia menuntut mereka selain menimba ilmu pengetahuan di bangku kuliah, tetapi juga harus membekali diri dengan ketrampilan lain sesuai kebutuhan pasar kerja di era digital saat ini. Perlu Perguruan Tinggi mampu melakukan perubahan secepat perubahan yang terjadi di dunia industri. Pihak Perguruan Tinggi perlu bekerjasama dengan Stakeholder lainnya termasuk NGO dalam mempersiapkan kursus-kursus/pelatihan yang dibutuhkan pasar kerja di era digital saat ini.References
Dana S. Saroso, 2020, Peran Perguruan TinggiDalam Menjawab Digital Talent Gap. Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing (Pemikiran 100 Ekonom Indonesia), INDEF
https://www.bappenas.go.id/id/berita/bappenas-indonesia-andalkan-industri-untuk-capai-pertumbuhan-ekonomi-bmPfm
Martiman S. Sarumaha, MASYARAKAT YANG KREATIF, INOVATIF, KRITIS DAN BERKARAKTER DI ERA DIGITAL UNTUK MEMBANGUN DAERAH, BANGSA DAN NEGARA, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, E-ISSN 2828-7037 Vol. 1 No. 2 Edisi November 2022 Universitas Nias Raya
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
(2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
(2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
Komang Tri Werthi, dkk. Penguatan Literasi Digital di Era Digital Ekonomi Sebagai Program Penguatan Peran Perempuan Sebagai Penopang Ekonomi Keluarga. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 5 No 1, 2024, pp. 606-610 DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7560 e-ISSN 2721-9135 p-ISSN 2716-442X
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mesak Iek
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.