SOSIALISASI PEMBUATAN PEMROGRAMAN MOBILE LAPORAN KEUANGAN DI PT ABISAKTI SURYA MEGAKON

Authors

  • Puspandam Katias Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Teguh Herlambang Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Firman Yudianto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Mohamad Yusak Anshori Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Mukhtar Adinugroho Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Reizano Amri Rasyid Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Moch. Sahri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33539

Keywords:

Pemrograman Mobile, Laporan Keuangan, PT Abisakti Surya Megakon

Abstract

Di era digital ini masyarakat diharapkan mampu menguasai teknologi dan mengoperasikannya. Hal ini juga berlaku bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Pelaku UMKM dituntut untuk bisa membuat pembukuan untuk laporan keuangan baik secara manual maupun secara digital. Laporan keuangan adalah catatan informasi suatu perusahaan pada periode akuntansi yang menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Selama ini para pelaku UMKM dan Perusahaan yang baru memulai usaha dalam mencatat pembukuan dan transaksi keuangan secara manual, sehingga mereka kesulitan dalam menentukan laba dan jumlah persediaan. Namun karena terdapat keterbatasan pengetahuan dalam mengelola atau membuat laporan keuangan yang cukup rumit seperti yang diterapkan perusahaan besar, maka pada akhirnya di era digitalisasi ini mulai tersedia berbagai pencatatan keuangan UMKM dengan aplikasi mobile seperti aplikasi BukuKas dan Buku Warung untuk UMKM. Aplikasi mobile ini dapat membantu pelaku UMKM dalam membuat laporan keuangan yang sederhana namun tetap sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang sosialisasi pembuatan pemrogaman mobile sistem ini menjadi signifikan untuk menunjang kemandirian manajemen sebuah perusahan. Oleh karena itu dirasa perlu diadakan Sosialisasi Pembuatan pemrograman mobile laporan keuangan di PT Abisakti Surya Megakon, maka dapat menjadikan bahan pemantauaan kas perusahaan.

References

Susanto, F.A, Herlambang, T and Yudianto, F, 2022, “Digital Marketing Implementation in CV. Nurani Medika Lestari”, AIP Conf. Proc. 2679, 060019-1–060019-7; The First International Conference on Neuroscience and Learning Technology (ICONSATIN 2021)

Herlambang, T, dan Yudianto, F, 2018., “Pelatihan E-Marketing di pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo”, Community Development Journal, Vol 2, No 1.

Yudianto, F., Herlambang, T dan Anggoro, S.D., 2022, “Pelatihan Desain Pembuatan Website di PT Abisakti Surya Megakon”, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Katias, P , Herlambang, T, and Anshoru, M.Y, 2022,. “Pengembangan Sistem Manajemen Strategi Dengan Pelatihan Simulasi Estimasi Saham Perusahaan Di PT. Indo Dynamic Technology ”, Semanggi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 1 Nomor 02, Oktober 2022

Yudianto, F, Herlambang, T, Adinugroho, M, Magfira, D.B, 2023., “Perancangan sistem informasi peminjaman ruangan pada PT. Multi Aneka Pangan Nusantara”, Journal of Community Engagement, Volume 4 Nomor 3, April 2023.

Susanto, F. A, Yudianto, F , Wulan, T.D and Herlambang, T, 2022,. “Sosialisasi Pembelajaran Hybrid Di SMK PGRI Sukodadi Lamongan”, Semanggi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1 Nomor 02, Oktober 2022

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Katias, P. ., Herlambang, T. ., Yudianto, F. ., Anshori, M. Y. ., Adinugroho, M. ., Rasyid, R. A. ., & Sahri, M. . (2024). SOSIALISASI PEMBUATAN PEMROGRAMAN MOBILE LAPORAN KEUANGAN DI PT ABISAKTI SURYA MEGAKON. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 8025–8028. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33539