PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI ERA MERDEKA BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33486Keywords:
Workshop, Penelitian Tindakan KelasAbstract
v Guru dan dosen wajib menguasai kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kemandirian pribadi. Sebagai pendidik, setiap kompetensi tersebut menjadi kecakapan dan modal dasar dalam berkolaborasi, inovasi dan interaksi di dalam pembelajaran bersama dengan peserta didik. Untuk menumbuhkembangkan salah satu dari komponen tersebut yakni profesionalisme, maka workshop, pembimbingan, pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas (PTK) menjadi sebuah kegiatan wajib untuk guru dan dosen. Konsep workshop dilaksanakan dengan: menyampaikan konsep dasar dan pengertian penelitian tindakan kelas, mengungkapkan karakteristik penelitian tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, menyampaikan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas, melukiskan prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas, mencirikan masalah yang dapat teliti dan menyusun draft penelitian tindakan kelas. Workshop penyusunan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan teknis: Seminar dan ceramah bervariasi, praktek (pembimbingan, pelatihan dan pendampingan), diskusi dan tanya jawab.References
Achmad, D., & Arafat, Y. (2021). The Influence Of Principals’ Managerial And School Committee Participation On The Quality Of Education At Elementary Schools Of Babat Supat District. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5610–5620. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1758
Achmad, D., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2021). The Influence Of Principals’ Managerial And School Committee Participation On The Quality Of Education At Elementary Schools. Jpgi (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 220–228.
Adimayanti, E., & Siyamti, D. (2020). Terapi Bermain English Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Prasekolah. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(2), 115–122. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31596/Jpk.V3i2.84
Ardiel, V., Sa’danoer, I. M., & Tyas, D. A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dan Seni Tari Bagi Remaja Masjid Tahfidz Al Qur’an Nurul Huda Di Nagari Panyalaian. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1666–1673.
Budiyono, S. (2021). Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Utbk Tahun 2021. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 8(3), 291–299. Https://Doi.Org/10.32699/Ppkm.V8i3.1870
Curry, J., & Nielsen, D. (2020). Assessment Waivers, 2019-2020 School Year. Report To The Education Interim Committee. Utah State Board Of Education. Https://Www.Schools.Utah.Gov/
Dina, A., Abidin, Z., Permata, P., & Aguss, R. M. (2022). Basic English For Tourism Bagi Siswa/I Smk Pgri I Limau Tanggamus Lampung. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 3(1), 144–150. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33365/Jsstcs.V3i1.1936
Erni, E. (2021). Pelatihan Penerapan Teknik Fun Game Pada Guru Guru Bahasa Inggris Paud Kecamatan Bengkalis. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal Of Community Services And School Education), 1(1), 89–101. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46306/Jub.V1i1.18
Fitriani, N., Sabarniati, S., Mislinawati, M., Sari, D. M., & Zaiturrahmi, Z. (2023). Peningkatan Penguasaan Vocabulary Dan Pronunciation Dengan Media Game Happy Clothespin Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1231–1241. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31571/Gervasi.V7i3.6330
Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. (2020). Online Learning Quality Control In The Pandemic Covid-19 Era In Indonesia. Journal Of Nonformal Education, 6(2), 168–175. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jne.V6i2.25594
Hikmah, N. (2021). Mengajar Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Covid-19: Refleksi Di Mi Nu Rowolaku. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(01), 73–79. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33884/Jpb.V3i01.2704
Karlsson, J., Mcpherson, G., & Pampallis, J. (2020). A Critical Examination Of The Development Of School Governance Policy And Its Implications For Achieving Equity. In The State, Education And Equity In Post-Apartheid South Africa (Bll 139–177). Routledge. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1186/S13012-019-0961-8
Littenberg-Tobias, J., & Reich, J. (2020). Evaluating Access, Quality, And Equity In Online Learning: A Case Study Of A Mooc-Based Blended Professional Degree Program. The Internet And Higher Education, 47, 100759. Https://Doi.Org/10.1016/J.Iheduc.2020.100759
Lubna Naz, Naeem-Uz-Zafar, N. S. (2020). Evaluation Of School Management Committee (Smc) On Quality Of Education: A Case Of Sindh. Pakistan Journal Of Educational Research, 3(2). Https://Doi.Org/10.52337/Pjer.V3i2.469
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Gondrong 2. Edisi, 3(2), 243–252.
Mahoney, J. L., Weissberg, R. P., Greenberg, M. T., Dusenbury, L., Jagers, R. J., Niemi, K., Schlinger, M., Schlund, J., Shriver, T. P., Vanausdal, K., & Yoder, N. (2021). Systemic Social And Emotional Learning: Promoting Educational Success For All Preschool To High School Students. American Psychologist, 76(7), 1128–1142. Https://Doi.Org/10.1037/Amp0000701
Mulyanti, W., & Hakim, L. N. (2021). Meningkatkan Minat Baca Dan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Melalui Pembentukan Rumah Baca € Œenglish Extensive Readingâ€. Journal Of Empowerment Community, 3(1), 29–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36423/Jec.V3i1.598
Oktafiah, Y. (2023). Game Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Dan Menarik Untuk Meningkatkan Minat/Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 781–792. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53625/Jabdi.V3i5.6594
Prajnamitra, T., & Uriptiningsih, A. L. (2021). Penerapan Paikem Gembrot Berdasi Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Didasko: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 163–174. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52879/Didasko.V1i2.19
Rofi’ah, S., Widiarini, W., Suharto, R. P., & Makrifah, I. A. (2021). Studi Kegiatan Fun With English Siswa Kelas Vii Dan Viii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (Jppnu), 3(2), 116–129.
Sultan, M. A., Muslimin, M., & Nurjannah, N. (2020). Pelatihan Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Guessing Words Game. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Sumardani, S. (2021). Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran Paikem Melalui Penerapan Supervisi Akademik Individual Dengan Pendekatan Non Directif. Journal Of Education And Technology, 1(2), 119–123.
Yudha, C. B., Evayenny, E., & Herzamzam, D. A. (2021). Pengaruh Model Paikem Gembrot Terhadap Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 66–76. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55215/Jppguseda.V2i2.1446
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Esti Marlina Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.