PROGRAM HOME DIGITAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN ETIKA ONLINE UNTUK MASYARAKAT YANG CERDAS DAN BERTANGGUNG JAWAB DI RT 018 KAMPUNG PALIMA SERANG BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33431Keywords:
Home Digital, Literasi, PLAAbstract
Program Home Digital di Kampung Palima bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan berjualan online bagi komunitas bunda bunda. Program ini melibatkan 30 peserta dalam dua sesi selama tiga hari, mengajarkan konsep dasar aplikasi Microsoft Office, cara membuat email, menjual barang di platform online, dan edukasi anti-hoax. Peserta diberi kesempatan langsung berlatih menggunakan komputer dan mendapatkan modul pelatihan. Metode penelitian yang diterapkan dalam pelatihan ini adalah pendekatan Participatory Learning and Action (PLA). Hasil peningkatan dalam keterampilan Microsoft Office yang dibuktikan dengan pencapaian warga dalam membuat akun Shopee dan menjalankan lapak-lapak mereka sendiri di platform tersebut merupakan bukti nyata dari efektivitas program tersebut dalam memberdayakan mereka secara digital. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan Microsoft Office telah memberikan mereka kemampuan teknis yang diperlukan untuk beradaptasi dengan ekonomi digital dan memanfaatkannya untuk keuntungan ekonomi pribadi.References
Abojaradeh, A.M., Shehadeh, J., Abojaradeh, A., Bsisu, I.K. (2019). Effectiveness of community-based mental health education programs on mental health issues awareness level among students in Jordan. Malaysian J. Med. Heal. Sci. 15(SUPP1), 54-59.
Angelina R.E., Paskalina H.D. (2022). Pera Teknologi Smart Phone Dalam Pencegahan Bunuh Diri: Literature Review. Jurnal Wawasan Kesehatan. 7(1), 39-44.
Arifin, H.S., Rafiyah, I. (2018). Pendidikan Kesehatan Jiwa Bagi Kader Kesehatan di Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya. Faletehan Health Journal. 5(1), 49-54. https://doi.org/10.33746/fhj.v5i1.8.
Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center ForAcademicPublishing Service).
Aditia R. (2015). Sejarah dan Perkembangan Aplikasi Sosial Media Instagram. Tersedia pada: http://www.gudangilmukomputer.com/2015/12/sejarah-dan-perkembangan-aplikasi-sosial-media-instagram.html
Chaffey D, Mayer R, Johnston K, Ellis-Chadwick F. (2000). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. London: Pearson Education Limited.
Berkah Iman Santoso, Prima Mulyasari Agustini, Ari Kurnia. (2020). Pelatihan Digital Marketing untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Indonesian Journal for Social Responsibility. Vol. 2 No. 02.
Bluestone, J., Johnson, P., Fullerton, J., Carr, C., Alderman, J., BonTempo, J. (2013). Effective in-service training design and delivery: Evidence from an integrative literature review. Human Resources for Health. 11, 51:1-26. https://doi.org/10.1186/1478-4491-11-51.
CDC. (2022). Prevention Strategies | Suicide | CDC. URL https://www.cdc.gov/suicide/prevention/index.html (accessed 8.15.23).
Dix, A. et al. (2004). Human Computer Interaction, 3rd edition. Pearson Education Limited, England.
Ekasari, P., & A.H. Dharmawan. (2012). Socio Economic Impacts by the Internet Usage in Villages. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, Vol. 06, No. 01, April.
Gondokusumo R. (2016). 4 Manfaat Media Sosial untuk Program Digital Marketing Bisnis Anda. Tersedia pada: http://blog.sribu.com/social-media-digital-marketing/
Hidayat A.A.N. (2017). 45 Juta Pengguna Instagram, Indonesia Pasar Terbesar di Asia. Tersedia pada: https://bisnis.tempo.co/read/894605/45-juta-pengguna-instagram-indonesia-pasar-terbesar-di-asia
Helianthusonfri, J. (2018). Tools for Social Media Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kemenkes RI. (2021). Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.
Notoatmodjo S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gray. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14. Jilid 1. Jakarta, Erlangga.
Marketer. S. (2017, Juni 6). Pengertian Digital Marketing, Kelebihan dan Kelemahannya. Seo Market, Diakses dari https://seomarket.id/pengertian-digital-marketing-kelebihan-dan-kelemahannya/
Pinsker, Y.L. (2018). Membangun Ketahanan Ekonomi Keluarga Lewat Pemberdayaan Perempuan. Tribun Jogja. Diakses dari http://jogja.tribunnews.com/2018/05/03/membangun-ketahanan-ekonomi-keluarga-lewat-pemberdayaan-perempuan/
Padmannavar, S.S. (2011). A Review on E-Commerce Empowering Women. International Journal of Computer Science and Telecommunications, Volume 2, Issue 8, November.
Santoso, A. Fundamental Digital Marketing. Diakses dari https://www.andysantoso.com/category/digital-marketing/
Santosa, I. (2010). Interaksi Manusia dan Komputer, edisi 3. Penerbit ANDI.
Wiradiputra, M. (Tidak ada tahun tertera). Perkembangan dan Kemajuan Internet. www.academia.edu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dina Dzahabiyyati Ulumiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.