PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN ANAK

Authors

  • Ika Setiawati STIT Al-Muslihuun Tlogo Blitar
  • Muhammad Rizal Rifa’i Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Amit Dana Ikmah STIT Al-Muslihuun Kanigoro Blitar
  • Puji Asmaul Chusna STIT Al-Muslihuun Kanigoro Blitar
  • Thias Arisiana STIT Al-Muslihuun Tlogo Blitar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33379

Keywords:

Pelatihan Teknologi Informasi, Literasi Digital, Aplikasi Pendidikan, Keamanan Internet, Dukungan Orang Tua.

Abstract

Pelatihan penggunaan teknologi informasi bagi orang tua di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan orang tua dalam mendukung pembelajaran anak di era digital. Dalam pelatihan ini, orang tua diberikan pengetahuan dan keterampilan terkait penggunaan aplikasi pendidikan, pembuatan akun email, serta pengaturan keamanan internet. Evaluasi hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, yang berdampak positif pada kemampuan mereka mendampingi anak-anak selama pembelajaran daring. Pelatihan ini juga memperkuat sinergi antara sekolah, orang tua, dan komunitas, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut. Meskipun terdapat tantangan, program ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan mendukung perkembangan akademik anak-anak.

References

Ain, N., Novianti, R., Solfiah, Y., & Puspitasari, E. (2021). Analisis kemampuan literasi digital orang tua anak usia dini di kecamatan tampan kota pekanbaru riau. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 70-85. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.6073

Apdillah, D., Simanjuntak, C. R. A., Napitupulu, C. N. S. B., Sirait, D. D., & Mangunsong, J. (2022). The role of parents in educating children in the digital age. Romeo : Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(3), 1-8. https://doi.org/10.55047/romeo.v1i3.168

Apdillah, D., Simanjuntak, C. R. A., Napitupulu, C. N. S. B., Sirait, D. D., & Mangunsong, J. (2022). The role of parents in educating children in the digital age. Romeo : Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(3), 1-8. https://doi.org/10.55047/romeo.v1i3.168

Banerji, R., Berry, J., & Shotland, M. (2017). The impact of maternal literacy and participation programs: evidence from a randomized evaluation in india. American Economic Journal: Applied Economics, 9(4), 303-337. https://doi.org/10.1257/app.20150390

Hakim, M. F. A. and Azis, A. (2021). Peran guru dan orang tua: tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16-25. https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Limbong, A. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap kinerja universitas advent indonesia (unai). TeIKa, 11(2), 99-107. https://doi.org/10.36342/teika.v11i2.2604

Nur'aeni, N., Surachman, A., & Anggraini, I. (2022). Literasi digital orang tua murid paud dalam pembelajaran daring di kabupaten subang. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 102-109. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1161

Quraishi, T., Helena ULUSI, Asma MUHID, Musawer HAKIMI, & Mohammad Reshad OLUSI (2024). Empowering students through digital literacy: a case study of successful integration in a higher education curriculum. Journal of Digital Learning and Distance Education, 2(8), 667-681. https://doi.org/10.56778/jdlde.v2i8.208

Rupiah, R. (2021). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19 pada tingkat madrasah di kabupaten bengkulu tengah. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(2), 179-188. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i2.1028

Suryono, S. and Patimah, S. (2023). Implementation of integrated quality management in developing student competencies smp it cendikia tulang bawang. INCARE, International Journal of Educational Resources, 4(1), 055-069. https://doi.org/10.59689/incare.v4i1.696

Thabologo, F. and Kesianye, S. K. (2024). Workshop training to facilitate parental involvement in their children’s mathematics education: parents’ perceptions. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(4), 1279-1291. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i4.21743

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Setiawati, I. ., Rifa’i, M. R. ., Ikmah, A. D. ., Chusna, P. A. ., & Arisiana, T. . (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN ANAK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7912–7917. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33379