PEMUDA DIGITAL: MENCIPTAKAN PELUANG DI ERA TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33334Keywords:
Pemuda Digital, Peluang, TeknologiAbstract
Di era globalisasi, teknologi digital telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari dan mempengaruhi berbagai sektor, termasuk pendidikan, bisnis, dan sosial. Meskipun teknologi menawarkan banyak peluang, kesenjangan digital masih menjadi tantangan, terutama di daerah terpencil. Pemuda, sebagai agen perubahan, memerlukan literasi digital yang memadai untuk memanfaatkan teknologi secara efektif. Pengabdian kepada masyarakat di PKBM Ziona, di bawah Yayasan Gozena Bangkit Berkarya, bertujuan untuk mengatasi kesenjangan ini melalui ceramah dan pelatihan praktis. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital siswa. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan berhasil memahami materi mengenai keterampilan digital dan peluang teknologi. Evaluasi melalui kuis dan diskusi kelompok mengungkapkan potensi siswa untuk memanfaatkan teknologi secara produktif. Pelatihan praktis juga menunjukkan peningkatan keterampilan dalam pengelolaan media sosial dan pembuatan konten digital. Hasil pengabdian ini mencerminkan keberhasilan dalam meningkatkan literasi digital dan keterampilan siswa, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemberdayaan mereka di era teknologi.References
Budiarti, R. P. N., Alfiah, A., Rihlah, J., Mardhotillah, R. R., & Nurfaiza, Y. I. (2022). Pelatihan pembelajaran aktif di sekolah dasar: Sebuah experiential learning sebagai upaya mewujudkan potensi pembelajaran aktif. Indonesia Berdaya, 4(1), 77-84. https://doi.org/10.47679/ib.2023379
Dursun, M. (2017). Attitudes of the students at physical education (PE) teaching and sports department towards technology use in education. International Journal of Science Culture and Sport, 5(22), 11-19. https://doi.org/10.14486/intjscs639
Emelogu, C. I. (2024). Exploring digital strategy as a business management and transformation tool in developing countries: The Nigerian experience. Journal of Management and Strategy, 15(1), 12. https://doi.org/10.5430/jms.v15n1p12
Kelly, W., & McGrath, B. (2022). Starting from ‘scratch’: Building young people’s digital skills through a coding club collaboration with rural public libraries. Journal of Librarianship and Information Science, 55(2), 487-499. https://doi.org/10.1177/09610006221090953
Kovalchuk, V., Vovk, L., Volkova, N., Vovk, B., & Horbatiuk, R. (2024). Technologies for developing the creative potential of future vocational training teachers. Society. Integration. Education. Proceedings of the International Scientific Conference, 1, 116-126. https://doi.org/10.17770/sie2024vol1.7907
Kustini, S., Herlinawati, H., & Indrasary, Y. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis project-based learning untuk meningkatkan keterampilan literasi digital mahasiswa politeknik negeri banjarmasin. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 21(1), 30-40. https://doi.org/10.31961/intekna.v21i1.1122
Luc, T. T. (2023). Researching the factors influencing the digital transformation of businesses in Quang Binh Province, Vietnam. Open Journal of Business and Management, 11(5), 2402-2415. https://doi.org/10.4236/ojbm.2023.115133
Mulyana, B., Angin, M. P., Damanik, V. S., Susanti, A. R., Rahman, F. H., Anam, K., … & Utami, E. P. (2023). Pemberdayaan siswa SMAN 12 Kabupaten Tangerang melalui pelatihan kegawatdaruratan dalam upaya meningkatkan kesiapan menghadapi situasi gawat darurat sehari-hari. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(1), 113-124. https://doi.org/10.54082/jamsi.1035
Rad, D., & Demeter, E. (2019). Youth sustainable digital wellbeing. Postmodern Openings, 10(4), 104-115. https://doi.org/10.18662/po/96
Ramadhan, A. (2024). Peran guru dalam mengembangkan potensi siswa. Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.198
Setiadi, D., Nurhayati, S., Ansori, A., Zubaidi, M., & Amir, R. (2023). Youth’s digital literacy in the context of community empowerment in an emerging society 5.0. Society, 11(1), 1-12. https://doi.org/10.33019/society.v11i1.491
Shelyugina, O., Davydenko, M., & Stepanskaya, A. (2019). Development of digital literacy in vocational education as a condition for regional sustainable development. Proceedings of the International Conference on Sustainable Development of Cross-Border Regions: Economic, Social and Security, C. https://doi.org/10.2991/icsdcbr-19.2019.30
Singh, H. P., & Alodaynan, A. M. M. (2023). The role of educational technology in developing the cognitive and communicative skills of university students: A Saudi Arabian case. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 10(7), 157-164. https://doi.org/10.21833/ijaas.2023.07.017
Warner, K., & Wäger, M. (2019). Building dynamic capabilities for digital transformation: An ongoing process of strategic renewal. Long Range Planning, 52(3), 326-349. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2018.12.001
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aprianus Telaumbanua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.