STRATEGI PEMBERDAYAAN BRANDING DAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM MENUJU EKONOMI DIGITAL DI DESA PETANANG KECAMATAN LEMBAK PROVINSI SUMATERA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33315Keywords:
Pemberdayaan, Branding, Digital marketing, UMKM, Ekonomi DigitalAbstract
Ekonomi digital telah menjadi pendorong utama dalam transformasi bisnis, menawarkan peluang besar bagi UMKM untuk berkembang dengan cepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi branding dan digital marketing yang dapat diterapkan oleh UMKM di Desa Petanang, Kecamatan Lembak, Provinsi Sumatera Selatan, guna meningkatkan daya saing mereka di pasar yang lebih luas. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pelaku UMKM di Desa Petanang telah mengakui pentingnya branding, mereka masih menghadapi kendala signifikan, seperti kurangnya pengetahuan dalam menciptakan identitas merek yang kuat dan keterbatasan dalam penerapan digital marketing. Penggunaan metode pemasaran tradisional masih mendominasi, sementara teknologi digital seperti media sosial dan e-commerce belum dimanfaatkan secara optimal. Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan identitas merek, strategi pemasaran digital, dan literasi digital merupakan langkah penting untuk mengatasi tantangan ini. Kolaborasi dengan pemerintah dan akademisi juga dianggap krusial untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM di era ekonomi digital. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing UMKM di Desa Petanang, serta memperkuat posisi mereka dalam pasar global.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Recja Fahlevie, Ahmad Rapiudinsyah, Muhammad Raffy Anugra Alsha, Prima Darma Putra, Meilin Veronika, Juhaini Alie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.