STRATEGI PEMBERDAYAAN BRANDING DAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM MENUJU EKONOMI DIGITAL DI DESA PETANANG KECAMATAN LEMBAK PROVINSI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Recja Fahlevie Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Ahmad Rapiudinsyah Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Muhammad Raffy Anugra Alsha Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Prima Darma Putra Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Meilin Veronika Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Juhaini Alie Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33315

Keywords:

Pemberdayaan, Branding, Digital marketing, UMKM, Ekonomi Digital

Abstract

Ekonomi digital telah menjadi pendorong utama dalam transformasi bisnis, menawarkan peluang besar bagi UMKM untuk berkembang dengan cepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi branding dan digital marketing yang dapat diterapkan oleh UMKM di Desa Petanang, Kecamatan Lembak, Provinsi Sumatera Selatan, guna meningkatkan daya saing mereka di pasar yang lebih luas. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pelaku UMKM di Desa Petanang telah mengakui pentingnya branding, mereka masih menghadapi kendala signifikan, seperti kurangnya pengetahuan dalam menciptakan identitas merek yang kuat dan keterbatasan dalam penerapan digital marketing. Penggunaan metode pemasaran tradisional masih mendominasi, sementara teknologi digital seperti media sosial dan e-commerce belum dimanfaatkan secara optimal. Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan identitas merek, strategi pemasaran digital, dan literasi digital merupakan langkah penting untuk mengatasi tantangan ini. Kolaborasi dengan pemerintah dan akademisi juga dianggap krusial untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM di era ekonomi digital. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing UMKM di Desa Petanang, serta memperkuat posisi mereka dalam pasar global.

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Fahlevie, R. ., Rapiudinsyah, A. ., Alsha, M. R. A. ., Putra, P. D. ., Veronika, M. ., & Alie, J. . (2024). STRATEGI PEMBERDAYAAN BRANDING DAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM MENUJU EKONOMI DIGITAL DI DESA PETANANG KECAMATAN LEMBAK PROVINSI SUMATERA SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7846–7853. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33315