PENYULUHAN HUKUM TERKAIT PENGOLAHAN DAN DISTRIBUSI SUSU DI PABRIK CIMORY SEMARANG

Authors

  • Faradhina Zahra Putri Ramadhani Universitas Pendidikan Nasional
  • Bagus Gede Ari Rama Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33299

Keywords:

Cimory, Peraturan Pengelolaan, Distribusi Susu, Penyuluhan Hukum

Abstract

Cimory adalah industri pengelolaan dan distribusi produk minuman susu yang berkualitas tinggi. Seiring berkembangnya industri, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, terutama terkait dengan mengetahui peraturan terkini yang mengatur pengolahan dan distribusi minuman berbahan dasar susu. Laporan ini berfokus pada peningkatan pengetahuan tentang peraturan terkini untuk pengolahan dan distribusi minuman susu penting dalam konteks ini. Penelitian ini menggunakan 100 sampel. Pendekatan dalam penelitian ini melibatkan metode kuantitatif di mana responden menerima kuesioner dengan beberapa pertanyaan tentang data yang dibutuhkan. Sumber datanya adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden. Pelaksanaan kegiatan penyuluhan hukum terkait pengelolaan dan distribusi produk susu, khususnya produk Cimory, menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman peserta mengenai regulasi dan standar yang berlaku. Penyuluhan hukum ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang efektif dalam membangun kesadaran hukum dan mendorong kepatuhan terhadap regulasi di kalangan produsen dan konsumen.

References

Budiani, D. R., Muthmainah, M., Subandono, J., Sarsono, S., & Martini, M. (2020). Pemanfaatan tepung daun kelor (Moringa Oleifera, Lam) sebagai komponen Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) padat gizi. Jurnal Abdidas, 1(6), 789-796.

Purnamasari, I., Winarno, A., Irawan, D., Aruna, A., & Surya, E. P. (1959). Pengembangan Brand Guideline Merk Industri Susu Lokal. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1), 68–68.

Amilliya, F., & Yulianto, A. E. (2023). Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Cimory Uht (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(4).

Faizin, N., Irawati, S., Soseco, T., & Nurjanah, N. (2023). Inovasi Produk Olahan Susu Aneka Rasa dan Warna di Desa Pagersari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 85-92.

Astari, N. M., & Efelina, V. (2021). Penerapan Metode Participatory Rural Appraisal (Pra) Pada Susu Kedelai Di Desa Kutagandok. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(1), 164-176.

Sudarmo, dkk. (2019). Pelatihan dan Kesadaran terhadap Peraturan dapat Meningkatkan Kepatuhan Produsen terhadap Standar Keamanan Pangan. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Peraturan Tentang Standar Keamanan dan Mutu Produk Susu.

Undang-Undang Pangan Nomor 18 Tahun 2012. Tentang Ketahanan Pangan. Pemerintah Republik Indonesia.

Sudarmo, H., et al. (2019). Peningkatan Kepatuhan Terhadap Standar Keamanan Pangan Melalui Pelatihan dan Penyuluhan Regulasi: Studi Kasus Pada Industri Susu. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (2012). Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pengawasan Mutu Pangan. BPOM RI.

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Putri Ramadhani, F. Z., & Ari Rama, B. G. (2024). PENYULUHAN HUKUM TERKAIT PENGOLAHAN DAN DISTRIBUSI SUSU DI PABRIK CIMORY SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9498–9504. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33299