PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN CANVA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA SWASTA PAB 5 KLUMPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33178Keywords:
Pendidikan Matematika, Media Pembelajaran, CanvaAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan atau memilih media pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menyenangkan. Program pengabdian masyarakat ini meliputi guru dan siswa agar termotivasi dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis canva digunakan untuk membuat tampilan presentation, video, poster, dan lain-lain. Aplikasi ini digunakan untuk menyediakan template desain yang mudah untuk diaplikasikan sesuai kebutuhan guru dan peserta didik. Menggunakan Canva sebagai media pembelajaran dapat mempermudah guru untuk merancang media pembelajaran. Hampir semua guru di SMA Swasta PAB 5 Klumpang belum mampu membuat media pembelajaran berbasis multimedia sehingga penyampaian materi kepada siswa masih rendah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan media pembelajaran menggunakan Canva untuk guru di SMA Swasta PAB 5 Klumpang. Kegiatan pelatihan dilakukan di beberapa tahapan, yaitu sosialisasi, praktik, dan evaluasi. Pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat bagi guru dan peserta didik dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat menerapkan media pembelajaran dengan menyesuaikan perkembangan teknologi. Dengan menerapkan media pembelajaran berbasis canva, dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru dalam membuat pembelajaran visual dan komunikasi menjadi mudah dan menyenangkan.References
Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, (Online). Vol.8 No.I, http://103.88.229.8/index.php/tadzk iyyah/article/view/2095/1584, (diakses pada tanggal 9 April 2021).
Dzulhijjah, Putri D., et al. "Penerapan Prezi Dekstop sebagai Media Presentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, vol. 2, no. 2, Oct. 2015, pp. 1-11.
Hakim, Dori Lukman. 2017. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi (Teaching Math Training Materials Making Media Prezi). UNES Journal of Community Service Volume 2, Issue 2, December 2017 P-ISSN: 2528- 5572, E-ISSN: 2528-6846. Open Access at: http://journal.univ ekasakti-pdg.ac.id
Kusrianto. Adi. 2013. Business Presentation. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia:Jakarta
Munib, Achmad, dkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, Vol.8 No. 2, 79-96, http://www.openjournal.unpam.ac.i d/index.php/Sasindo/article/view/8 354 (diakses pada tanggal 14 November 2021)
Silitonga, I. D., & Purba, D. O. Pengembangan Bahan Ajar Dimasa Pendemi COVID 19. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA), (Online). Vol. 3 No 1. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/P ENDISTRA/article/view/772/pdf1 ( diakses pada tanggal 15 Desember 2021)
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, (Online), Vol.7 No.2, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ voteknika/article/view/104261, (diakses pada tanggal 9 April 2021)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syahrina Anisa Pulungan; Ainul Marhamah Hasibuan; Umar Said
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.