PACKAGING SEBAGAI SALAH SATU PEMASARAN TERBAIK: UMKM KRIPIK TALAS NAGARI KOTO ANAU

Authors

  • Ida Nirwana Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Siska Yulia Defitri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Seflidiana Roza Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Esi Sriyanti Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Afni Yeni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Lina Lina Universitas Katolik Musi Charitas
  • Ramadhani Kirana Putra Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Rasidah Nasrah Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Arfimasri Arfimasri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33110

Keywords:

UMKM, Kripik Talas, Kemasan Produk, Persepsi Kualitas, Pemasaran, Nagari Koto Anau

Abstract

Kegiatan pengabdian bertujuan untuk membantu wirausahaan dilingkup UMKM agar dapat meningkatkan penjualannya dan menambah pendapatan melalui pemberian wawasan berharga mengenai peran strategis kemasan dalam pemasaran produk UMKM. Melalui metode partisipatif dan lokakarya interaktif, pelaku usaha memperoleh pemahaman mendalam dan keterampilan praktis dalam merancang kemasan yang lebih menarik, informatif, dan fungsional. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berhasil mencapai tujuan utamanya: meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku usaha UMKM dalam menggunakan kemasan sebagai strategi pemasaran yang efektif. Hasil ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya untuk lebih memperhatikan aspek kemasan dalam strategi pemasaran mereka, sehingga dapat bersaing lebih baik di pasar yang kompetitif dan meningkatkan kesejahteraan melalui usaha kecil dan menengah yang lebih sukses dan berkelanjutan. Kegiatan ini juga menegaskan bahwa dukungan dan bimbingan yang tepat dapat membantu UMKM mengoptimalkan potensi mereka dan berkontribusi lebih signifikan terhadap perekonomian lokal

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Nirwana, I. ., Defitri, S. Y. ., Nurhayati, N., Roza, S. ., Sriyanti, E. ., Yeni, A. ., Lina, L., Putra, R. K. ., Nasrah, R. ., & Arfimasri, A. (2024). PACKAGING SEBAGAI SALAH SATU PEMASARAN TERBAIK: UMKM KRIPIK TALAS NAGARI KOTO ANAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7642–7646. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33110