MELATIH KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI KKH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33090Keywords:
Keterampilan Berbahasa, KKH, PA ElimAbstract
Elim merupakan sebuah oase atau oasis, yakni sebuah daerah di padang pasir yang berair cukup untuk tumbuhan dan permukiman manusia. Kaitan kata Elim dengan Panti Asuhan Elim (PA) HKBP adalah tempat yang tetap konsisten dalam mendampingi anak-anak yatim piatu, fakir miskin dan anak-anak terlantar. Anak-anak dengan latar belakang yang beragam, telah mengecap pengasuhan dan pendampingan di PA Elim HKBP. PA Elim HKBP sebuah lembaga gereja yang missioner dalam terang Missio Dei bagi dunia yang membutuhkan kasih melalui pelayanan dan penebusan oleh Tuhan Yesus Kristus, Raja dan Juru selamat umat manusia.Anak-anak PA Elim berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda, terutama dari usia dan jenis kelamin. Berdasarkan faktor usia ditemukan anak-anak berusia balita, SD, SMP, SMA sederajat, bahkan sedang kuliah. Jumlah anak PA Elim saat ini 57 orang. Kepada mereka semua dilakukan pendampingan penguatan psikologis secara internal dan eksternal guna menguatkan performance mereka sebagai individu yang bukan diasuh orangtuanya secara normal. Demikian halnya tenaga pengasuh PA Elim masih terbatas dalam kuantitas dan kualitas pendidikan untuk mengasuh anak-anak yang berasal dari kultur keluarga secara umum bermasalah dalam hubungan orang tua dengan anak bahkan diterlantarkan oleh keluarga. Kondisi ini berpengaruh pada kondisi mental dan peradaban anak-anak PA Elim, masa sulit mendapatkan kasih sayang yang utuh sehari-hari sebagai dukungan orangtua kepada anak-anaknya untuk meraih pendidikannya. Oleh sebab itu, sangat perlu dukungan moral, pendampingan penguatan emosional, semangat hidup penuh, kasih yang tulus dalam meraih pendidikannya, dan tentu juga finansial. Inilah alasan mendasar dosen bersama mahasiswa melaksanakan kegiatan PkM di PA Elim.Tujuan PkM dilaksanakan di PA Elim adalah membantu proses pembelajaran bahasa anak-anak menuju terampil berbahasa. Kegiatan PkM fokus melatih anak-anak TK-SD sejumlah 22 orang untuk terampil berbahasa melalui Kartu-Kartu Huruf KKH). Kegiatan ini berkaitan dengan MBKM dan IKU PT Dosen bersama mahasiswa berkegiatan di luar kampus (DKL). Kesimpulan hasil PkM adalah : (1) Keterampilan berbahasa Indonesia TK dan SD dapat dilakukan dengan pengenalan huruf yang menggunakan media KKH; (2) Pembelajaran Bahasa Indonesia TK dan SD dilakukan secara terpadu dan tematik; (3) Tes yang digunakan dalam PkM adalah mengenal jumlah huruf melalui media KKH dan kemampuan memadukan huruf menjadi kata dengan hasil rata-rata 69 berada pada kategori cukup, 2 orang peserta pelatihan (18,18%) kategori baik; 14 orang peserta pelatihan (63,63%) kategori cukup; 2 orang peserta pelatihan (9,09%) kategori sedang; 2 orang peserta pelatihan (9,09%) kategori kurang..Downloads
Published
2024-08-13
How to Cite
Sirait, J. ., Sitorus, E. ., Purba, J. R. ., Tampubolon, N. ., Simanjuntak, L. ., & Sianipar, R. . (2024). MELATIH KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI KKH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7620–7628. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33090
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jumaria Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.