WORKSHOP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI GURU-GURU SMP SWASTA MUHAMMADYAH 55 KANDANGAN SIANTAR

Authors

  • Asima Rohana Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Dumaris Elseria Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tiarma Intan Marpaung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • David Berthony Manalu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Insenlia Hutagalung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ramindo Rini Sari Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33055

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP Swasta Muhammadiyah 55, Kandangan, Kabupaten Simalungun, yang merupakan salah satu bidang prioritas Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dalam melaksanakan pelayanan. Melalui hasil observasi di lapangan, disebutkan bahwa guru-guru di sekolah tersebut belum memahami bagaimana menerapkan, merancang, dan membuat media pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, belum ada guru yang lulus sebagai Guru Penggerak untuk membantu menerapkan Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, tim pengabdian melaksanakan kegiatan pelatihan di SMP Swasta Muhammadiyah 55 Kandangan dengan tujuan meningkatkan keterampilan 13 Guru di sekolah mitra dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh tim pengabdian berjalan dengan lancar dan melalui hasil evaluasi menunjukkan keberhasilan yang tinggi baik pada guru SMP Muhammadyah 55 Kandangan, maupun secara umum bagi seluruh guru yang mengikuti pelatihan..

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Sinaga, A. R. ., Silalahi, D. E. ., Marpaung, T. I. ., Manalu, D. B. ., Hutagalung, I. ., & Simanjuntak, R. R. S. . (2024). WORKSHOP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI GURU-GURU SMP SWASTA MUHAMMADYAH 55 KANDANGAN SIANTAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7589–7593. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33055