IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGELOLAAN TRANSAKSI DI MINIMARKET KAMPUS UNDIKNAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33054Keywords:
Teknologi Informasi, Transaksi, Minimarket, KampusAbstract
Perkembangan teknologi informasi (TI) telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengelolaan bisnis ritel. Salah satu implementasi TI yang dapat diterapkan adalah pada pengelolaan transaksi di minimarket kampus. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menganalisis penerapan TI dalam pengelolaan transaksi di minimarket kampus dan memberikan rekomendasi bagi pihak pengelola. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penerapan sistem point of sale (POS) yang terintegrasi, penggunaan teknologi pembayaran digital, serta integrasi dengan manajemen inventori telah meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kenyamanan dalam proses transaksi. Namun, terdapat beberapa tantangan terkait stabilitas sistem, keamanan, dan pelatihan karyawan yang perlu diperhatikan. Rekomendasi yang diberikan adalah pengelola perlu memastikan sistem TI yang andal, menerapkan langkah-langkah keamanan yang memadai, serta menyediakan pelatihan berkelanjutan bagi karyawan.References
Alalwan, A. A. (2020). Mobile food ordering apps: An empirical study of the factors affecting customer e-satisfaction and continued intention to reuse. International Journal of Information Management, 50, 28–44. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.04.008
Kenneth, C. L., & Jane, P. L. (2020). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Pearson Education.
Rana, N. P., Barnard, D. J., Baabdullah, A. M. A., Rees, D., & Roderick, S. (2019). Exploring barriers of m-commerce adoption in SMEs in the UK: Developing a framework using ISM. International Journal of Information Management, 44, 141–153. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.10.009
Shankar, A., & Datta, B. (2019). Measuring mobile commerce service quality: a review of literature. M-Commerce. Apple Academic Press.
Tang, A. K. Y. (2019). A systematic literature review and analysis on mobile apps in m-commerce: Implications for future research. Electronic Commerce Research and Applications, 37, 100885. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.elerap.2019.100885
Turban, E., Outland, J., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2018). Electronic commerce 2018: a managerial and social networks perspective (Vol. 2017). Springer.
Turban, E., Pollard, C., & Wood, G. (2021). Information Technology for Management: Driving Digital Transformation to Increase Local and Global Performance, Growth and Sustainability. John Wiley & Sons.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel_Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. 2010-ISBN: 978-979-061-127-6–Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Komang Ayu Devi Anggreni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.