PENINGKATAN KERJASAMA DAN PERSEFAHAMAN BAGI KOMUNITAS PEDAGANG DAN PENGUSAHA MELAYU DI MALAYSIA

Authors

  • Nur Azizah Zuhriyah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung
  • Umi Khulsum Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung
  • Meilia Risna Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung
  • Pertiwi Utami Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung
  • Abaidullah Bin Mustaffa Universiti Geomatika Malaysia
  • Basrowi Basrowi Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33052

Keywords:

Kerjasama Bisnis, Komunitas Pedagang, Malaysia

Abstract

Mitra pada kegiatan international community service ini adalah para pedagang dan pengusaha yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Melayu Malaysia (PERDASAMA) di Malaysia. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah (1) belum adanya kerjasama komunitas pedagang dan pengusaha Melayu Malaysia dengan Asosiasi akademisi dan Universitas Antarbangsa dalam rangka meningkatkan ekonomi dan bisnis syariah di kancah global; (2) belum optimalnya keterampilan manajerial keuangan dan bisnis syariah yang dilakukan selama ini; (3) belum maksimalnya pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); dan (4) masih rendahnya pengetahuan tentang inovasi baru dan pemanfaatan teknologi dalam bisnis. Dari empat permasalahan yang diidentifikasi, solusi yang dilakukan adalah; (1) pelaksanaan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Uniti Asia Group, ASEAN Academic Asosiation (AAA), dan PERDASAMA; (2) berbagi keterampilan dan pengalaman dengan para Tim dan delegasi dari berbagai Universitas dari Indonesia; (3) melaksanakan seminar yang berfokus pada strategi pengembangan UMKM, akses terhadap modal usaha, dan pemasaran produk berbasis e-commerce dan media sosial; (4) berbagi pengetahuan dengan melakukan diskusi grub yang dipimpin oleh Tim tentang peran inovasi baru dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan daya saing bisnis syariah secara global. Metode penelitian fokus grub discussion (FGD) memandu pelaksanaan kegiatan yang menekankan pada interaksi dan perilaku mitra. Setelah pelaksanaan kegiatan selesai dilakukan; (1) terjalin hubungan yang baik antara institusi dalam bidang kolaborasi penelitian, pertukaran ilmiah dan akademik serta program pelatihan dan pengembangan; (2) memperoleh pengalaman baru dalam hal keterampilan manajemen, kepemimpinan, dan komunikasi untuk memahami konsumen serta menggunakan informasi yang diperoleh untuk mempromosikan bisnisnya; (3) meningkatnya pengetahuan tentang strategi pengembangan UMKM di era modern; dan (4) meningkatnya pengetahuan tentang cara menciptakan inovasi dan implementasi teknologi untuk bisnis keberlanjutan. Dapat simpulkan bahwa program yang telah dilakukan mampu memberikan dampak yang berarti bagi keberlangsungan mitra di masa depan

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Zuhriyah, N. A. ., Khulsum, U. ., Risna, M. ., Utami, P. ., Mustaffa, A. B. ., & Basrowi, B. (2024). PENINGKATAN KERJASAMA DAN PERSEFAHAMAN BAGI KOMUNITAS PEDAGANG DAN PENGUSAHA MELAYU DI MALAYSIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7576–7583. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33052