WORKSHOP PENERAPAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Kusnadi Kusnadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur
  • Nuril Huda UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhamd Furqon Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia
  • Hersiyati Palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Evy Lalan Langi Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33020

Keywords:

Era digital, Multisektoral, Pembelajaran interaktif, Revolusi industri, Siswa SMA

Abstract

Workshop Penerapan STEM di Sekolah Menengah di SMA Istiqamah Muhammadiyah bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) melalui metode interaktif. Kegiatan ini menargetkan 33 siswa kelas 3 yang dipilih secara acak. Metode yang digunakan meliputi presentasi, diskusi, dan aktivitas praktis, dirancang untuk memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil survei menunjukkan peningkatan minat dari 45% menjadi 85%, pemahaman konsep dari 40% menjadi 80%, dan kepercayaan diri dari 30% menjadi 75%. Selain itu, siswa juga lebih mampu melihat relevansi STEM dalam kehidupan sehari-hari, meningkat dari 35% menjadi 78%. Keberhasilan ini menegaskan bahwa pendekatan yang mengintegrasikan teori dan praktik dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Pengabdian ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga mempersiapkan siswa untuk masa depan dengan keterampilan STEM yang esensial. Dengan demikian, program ini dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam meningkatkan pembelajaran STEM di Indonesia.

References

Arfandi, & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional sebagai Fasilitator dan Komunikator dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 5(2), 124-132.

Dwita, L., & Susanah. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technologym Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Pembelajaran Matematika di SMK pada Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti. Mathedunesa Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 276-285.

Gaghunting, M. K., & Bermuli, J. E. (2023). Strategi Partisipatif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran Biologi. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 86-101.

Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136-151.

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, (pp. 12-21).

Idrus. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015 , (pp. 672-688).

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 453-460.

Noorsetya, S. E., Zuhdi, Z. A., Narifti, F. R., & Trizahira, Y. (2024). Pengaruh Kolaborasi Pagelaran Kesenian Musik dan Tari sebagai Bentuk Mengasah Kreativitas bagi Mahasiswa Sendratasik UNNES. Jurnal Kultur, 3(2), 176-188.

Nurfajariyah, A. F., & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi dan Tantangan Pembelajaran Tematik Terintegrasi STEAM. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 8(1), 49-63.

Putri, D. I., & Wulandari, F. (2024). Analysis of Students' Attitudes Towards STEM and 21st Century Skills in Elementary Schools Reviewed from the Perspective of Gender. UMSIDA Preprints Server. doi:doi.org/10.21070/ups.5260

Ritonga, D. R., & Napitupulu, S. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Education & Learning, 4(1), 38-45. doi:https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1292

Viviyanti, M. (2023). Pendidikan STEM: Mempersiapkan Siswa untuk Masa Depan yang Teknologi-Centric. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(7), 207-215.

Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 201-208.

Zainil, M., Kenedi, A. K., Arwin, Sylvia, I., Khairat, F., & Oktavia, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran STEM pada Kurikulum Merdeka untuk Guru Sekolah Dasar. Monsu'ani Tano, 6(2), 354-366. doi:https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2651

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Kusnadi, K., Huda, N. ., Furqon, M. ., Palayukan, H. ., & Langi, E. L. . (2024). WORKSHOP PENERAPAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI SEKOLAH MENENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7888–7892. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33020