DISEMINASI EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUSANA TARI PASOMBAHAN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32984Keywords:
Eksplorasi, Etnomatematika, Busana Tari Pasombahan, Kampar.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Diseminasi Eksplorasi Etnomatematika Pada Busana Tari Pasombahan Kampar yang dilakukan untuk calon guru Se-Kabupaten Kampar. Adapun tahap pelaksanaan kegiatan penelitian ini secara umum berupa perencanaan/ persiapan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Lokasi penelitian dilakukan di aula Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Subjek penelitian ini adalah seluruh calon guru Se-Kabupaten Kampar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, partisipasi yang baik ditunjukkan oleh calon guru terhadap kegiatan diseminasi Etnomatematika penelitian yang dapat dilihat dari antusias peserta diseminasi dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan. Kedua, calon guru Se-kabupaten Kampar mehamami dan menulis draft penelitian Etnomatematika. Ketiga, calon guru Se-Kabupaten Kampar sudah bisa memahami dan menulis draft penelitian Etnomatematika.References
Asmara & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematik. Scholaria, 7(2). 135– 142.
Baswedan, A. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Desmawati, R. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada gerak tari tradisional sigeh penguten lampung. Skripsi, Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Fiad, Suharto, & Kurniati, D. (2017). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 12 Jember dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. Kadikma, 8(1). 72-78.
Kartadinata, S. (2011). Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press.
Kaye, S., & Rose, T. (2015). Assessing mathematical literacy. New York: Springer International Publishing.
Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assessment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455– 466. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v 7i3.157
Masjaya & Wardono. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. Prisma, 1(1). 568- 574.
Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). 33-44.
Nicola. (2000). Tari Persembahan, Jakarta : Bumi Aksara.
OECD. (2009). Learning Mathematics for Life: A Perspective from PISA. Paris: OECD Publishing.
Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v 7i1.347
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v 8i1.383
Prahmana, R. C. I. 2017. Design research (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar). Jakarta: Rajawali Pers.
Puspitasari, P., & Ratu, N. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 155– 166. DOI: https://doi.org/10.31980/moshar afa.v8i1.431
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematis: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Suwarto, S. (2018). Konsep Operasi Bilangan Pecahan melalui Garis Bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 327– 336. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v 7i3.73
Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: KemenDikNas dan PPPPTK
Winarsih, M., & Mampouw, H. L. (2019). Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 249– 260. DOI: https://doi.org/10.31980/moshar afa.v8i2.506
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.