PEMANFAATAN BARANG BEKAS DALAM PEMBUATAN ALPER BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK

Authors

  • Fadwa Syahida Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Indah Rahmasari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Imelda Ani Yolanda Marbun Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ade Ruqayah Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Atikah Adzra Dalimunthe Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Elisabet Simamora Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Khoirunnisa Khoirunnisa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Anin Saraswati Azhari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Isra Retno Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Lestarina Matondang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Irvan Irvan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.32958

Keywords:

Alat Peraga, Bangun Ruang, Barang Bekas, Kreativitas, Matematika, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan Projek Kepemimpinan yang diadakan oleh Peneliti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Medan berfokus pada pemanfaatan barang bekas untuk membuat alat peraga bangun ruang. Banyak anak di panti asuhan ini adalah seorang pelajar yang sering menganggap matematika sulit dan abstrak. Oleh karena itu, alat peraga visual diperlukan agar siswa dapat memahami materi dengan lebih baik. Dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi bangun ruang, alat peraga sangat penting. Visualisasi bangun ruang tidak hanya bisa dilakukan melalui gambar di papan tulis, tetapi juga membutuhkan bentuk nyata dari bangun ruang. Dalam proyek ini, bahan utama yang digunakan adalah koran dan kardus. Barang tersebut mudah ditemukan di sekitar Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Medan. Selain membuat alat peraga, peneliti juga merancang produk fungsional dengan nilai jual, seperti celengan, tempat tisu, tepak sirih, vas bunga, dan tempat pulpen yang berguna bagi anak-anak panti asuhan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan kegiatan observasi dan workshop Praktis, di mana peserta didik terlibat langsung dalam pembuatan alat peraga secara kelompok. Setelah melaksanakan tiga sesi pelatihan, anak-anak panti asuhan menunjukkan ketertarikan yang lebih besar terhadap matematika dan semakin kreatif dalam memanfaatkan barang bekas menjadi produk yang bermanfaat yang memiliki nilai fungsional dan nilai jual.

References

Afriyanto, Rahman, and Widowati Pusporini. 2017. “MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTs YYAPPI JETIS SAPTOSARI GUNUNGKIDUL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA IPA.” Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 04(1):34–41.

Dewi, Ratna, and Purwati Tiurlina. 2023. “Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sdn Cilegon Ix Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa.” 1(2):394–403.

Masjid, Akbar Al, Kristi Wardani, Endah Marwanti, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, and Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. 2019. “Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika – Cakimukapati ( Cara Kilat Temukan Akar Pangkat Tiga ).” 2(2):142–48.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA

Novitasari, Yesi, Danang Prastyo, Selfi Lailiyatul Iftitah, Ardhana Reswari, and Mohammad Fauziddin. 2021. “Media Daur Ulang (Recycle System) Dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3):1323–30. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1209.

Nurva, Mirda Swetherly, and Tiara Fikriani. 2021. “BAHAN BEKAS DI SD NEGERI 01 PADANG AIR.” 102–8.

Rizko, Ulfatur, Muhammad Hifdil Islam, and Choerul Anwar Badruttamam. 2023. “Implementasi Caseme P3 Pada Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6(1):21–30. doi: 10.54069/attadrib.v6i1.346.

Saputro, Kuncoro Adi, Christina Kartika Sari, and SW Winarsi. 2021. “Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4):1735–42.

Setiorini, Indah Lestari. (2018). "Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Desa Paowan". Integritas: Jurnal Pengabdian 2(1):53-61.

Suzana, Abdul Karim, Amanah Amanah, and Ahmad Munajim. 2021. “Bermain Kognitif Matematika Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(2):158. doi: 10.23887/paud.v9i2.34259.

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Syahida, F., Rahmasari, I. ., Marbun, I. A. Y. ., Lubis, A. R. ., Dalimunthe, A. A. ., Simamora, E. ., Khoirunnisa, K., Azhari , A. S. ., Sari, I. R. ., Matondang, L. ., & Irvan, I. (2024). PEMANFAATAN BARANG BEKAS DALAM PEMBUATAN ALPER BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11004–11010. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.32958