KECERDASAN BUATAN SEBAGAI MITRA BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32936Keywords:
artificial intelligence, AI in learning, AI in higher educationAbstract
Penggunaan AI bagi mahasiswa masih pro dan kontra. Namun demikian, jumlah pengguna AI terus bertambah, termasuk mahasiswa. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dimaksudkan agar mahasiswa mengetahui bagaimana mempergunakan AI secara efektif, bijak dan bertanggung jawab. PKM ini terintegrasi dengan Program Dies Natalis ke-38 Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Sains Informasi (Himaka) “ListTalk” yang diselenggarakan oleh Himaka, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Target audien acara ini adalah mahasiswa, alumni dan dosen Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fikom Unpad. Metode yang dipergunakan adalah talkshow. Beberapa Kesimpulan Talkshow adalah (1) Mahasiswa dapat mempergunakan AI untuk tugas-tugas pembelajaran. AI dapat menjadi mitra pembelajaran bagi mahasiswa dengan menerapkan regulasi (2) Dosen mendeteksi tugas mahasiswa yang mempergunakan AI dengan mempergunakan AI Detector, memeriksa gaya penulisan dan memeriksa kesesuaian konteks pada jawaban dengan konteks pada pertanyaan. (3) AI memiliki potensi untuk menjalankan beberapa tugas pustakawan. Ini berarti akan ada perubahan peran pustakawan. Apabila pustakawan dapat beradaptasi dengan perubahan peran, maka profesi ini akan bertahan. Talkshow berlangsung secara interaktif dan diskusi berjalan sesuai topik pembahasan. Dua indikator ini menunjukkan bahwa Program PKM telah berjalan dengan lancar. Pengetahuan tentang penggunaan AI yang memadai, dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas mahasiswa dengan risiko atau dampak negatif yang minimal.Downloads
Published
2024-08-13
How to Cite
Kurniasih, N. (2024). KECERDASAN BUATAN SEBAGAI MITRA BELAJAR MAHASISWA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7599–7604. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32936
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nuning Kurniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.