KEGIATAN EDUKASI MASYARAKAT VIA MEDIA SOSIAL TERKAIT DENGAN KEPEMILUAN DAN PENCEGAHAN PELANGGARAN PEMILU 2024

Authors

  • Emiliya Febriyani Universitas Internasional Batam
  • Mariam Varhana Universitas Internasional Batam
  • Chiko Terauchi Universitas Internasional Batam
  • Eny Eny Universitas Internasional Batam
  • Pinkan Salsabila Zulfa Universitas Internasional Batam
  • Ryan Fiorentino Goh Universitas Internasional Batam
  • Charlson Charlson Universitas Internasional Batam
  • Denisa Amelia Sitepu Universitas Internasional Batam
  • Joen Shanylla Universitas Internasional Batam
  • Haniffa Bilqisthi Universitas Internasional Batam
  • Franstinonata Franstinonata Universitas Internasional Batam
  • Nailah Salsabilah Hoirum Putri Universitas Internasional Batam
  • Ayala Prisma Dinda Universitas Internasional Batam
  • Dovin Valentino Universitas Internasional Batam
  • Stella Stella Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32918

Keywords:

Pemilu 2024, Edukasi Pemilu, Media Sosial, Pengawasan Pemilu

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi serta mencegah terjadinya pelanggaran terhadap pemilih pemula. Pelaksanaan meliputi peran dan tanggung jawab pemantau pemilu, prosedur pemantauan, dan pelaporan pelanggaran. Metode yang digunakan termasuk sosialisasi ceramah dan diskusi, kampanye digital dengan pembuatan dan distribusi konten kreatif, pengawasan berbasis teknologi informasi, dan observasi langsung di TPS. Hasil menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini efektif meningkatkan pemahaman dan partisipasi pemilih pemula, serta menjaga integritas dan transparansi proses pemilu. Dari kegiatan ini strategi edukasi pemilu berbasis media sosial dan pengawasan pelanggaran berdampak positif terhadap pemahaman dan partisipasi pemilih.

References

Ayuni, R. D., Hayat, M. A., Sanusi, H., Sari, A. N. A., & Humaidi, M. A. (2023). Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Konten Kreatif Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Bagi Pengusaha Penginapan di Banjarbaru. Journal of SERVITE, 5(2), 73–80.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research (Vol. 5).

Fahzaria, N. A., Yulianita, N., & Ratnasari, A. (2022). Social Marketing Communication of Peace Education Program by Peace Generation Indonesia. Mediator: Jurnal Komunikasi, 15(1), 1–14. https://doi.org/10.29313/mediator.v15i1.9692

Melawen, F. (2023). PENGARUH SOSIALISASI, FACEBOOK DAN INSTAGRAM TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA KAB. MAHAKAM ULU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(10). https://doi.org/10.36418/syntax

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods.

Rosadi, B. (2019). PENGARUH KAMPANYE POLITIK MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN LITERASI POLITIK GENERASI MILENIAL.

Van De Ven, A. H., & Poole, M. S. (2017). Field Research Methods. The Blackwell Companion to Organization, 867–888.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Febriyani, E. ., Varhana, M. ., Terauchi, C., Eny, E., Zulfa, P. S. ., Goh, R. F. ., Charlson, C., Sitepu, D. A., Shanylla, J. ., Bilqisthi, H. ., Franstinonata, F., Putri, N. S. H. ., Dinda, A. P. ., Valentino, D. ., & Stella, S. (2024). KEGIATAN EDUKASI MASYARAKAT VIA MEDIA SOSIAL TERKAIT DENGAN KEPEMILUAN DAN PENCEGAHAN PELANGGARAN PEMILU 2024. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 8153–8161. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32918