LITERASI KEUANGAN BERBASIS DIGITAL UNTUK SISWA SMP TARSISIUS II, JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32694Keywords:
Literasi Keuangan ,Mengelolah Uang, Siswa Smp Tarsisius II, Jakarta BaratAbstract
Bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa di SMP Tarsisius II dalam rangka membantu mereka mengelola uang dengan lebih efektif dan bertanggung jawab. Dengan meningkatnya kompleksitas kehidupan finansial, penting bagi siswa untuk memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dasar keuangan, seperti menabung, anggaran, dan pengeluaran. Program ini melibatkan serangkaian kegiatan edukatif, termasuk workshop, diskusi kelompok, dan simulasi keuangan, yang dirancang untuk memberikan pengetahuan praktis dan keterampilan dalam mengelola keuangan pribadi. Diharapkan melalui peningkatan literasi keuangan, siswa dapat membuat keputusan finansial yang lebih baik, menghindari masalah keuangan di masa depan, dan mempersiapkan diri untuk kehidupan dewasa yang lebih mandiri secara finansial. Program ini juga berperan penting dalam mendukung upaya sekolah untuk menciptakan generasi muda yang cerdas dan bertanggung jawab secara finansial.References
Adiandari, A. M., & Sos, S. (2023). Pengantar Literasi Keuangan. Nas Media Pustaka.
Aulia, P., Asisa, W., Dalianti, N., & Handa, Y. R. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan dan Kemudahan Digital Payment Terhadap Kinerja UMKM di Kota Makassar. Jurnal DinamikA, 3(1), 23-50.
Choerudin, A., Widyaswati, R., Warpindyastuti, L. D., Khasanah, J. S. N., Harto, B., Oktaviani, N. F., ... & Paramita, V. S. (2023). Literasi Keuangan. Global Eksekutif Teknologi.
Desfiandi, A., & Meizary, A. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Pembentukan Karakter Cerdas dalam Pengelolaan Uang Pada Anak SMPN 31 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 10-15.
Fauzan, F., Badruttamam, B., & Wulandari, D. (2024). Edukasi Literasi Keuangan Pada Peserta Didik SMP Islam Nahdlatul Ulama Melalui Kearifan Lokal Berbasis Religi. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(8), 821-826.
Motiara, I., & Suciptaningsih, O. A. (2024). PENERAPAN MICROSITE BERBASIS PBL PADA MATERI PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN LITERASI FINANSIAL SISWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3610-3627.
Munandar, H., Arsad, M., Nabilah, S. I., Lilin, E., Rasida, R., Yani, N. E., ... & Saputri, E. W. (2023). Laporan Pengabdian Masyarakat" Peningkatan Literasi Keuangan pada Peserta Didik SMP Negeri Satu Atap 8 Palangka Raya, Kalimantan Tengah".
Nurhadi, M., Mulyana, E., Nurhayati, S., & Sukmana, C. (2023). Implementasi program pelatihan literasi keuangan berbasis teknologi digital pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Ash-Shoddiq. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(2), 288-294.
Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). Digitalisasi umkm, literasi keuangan, dan kinerja keuangan: Studi pada masa pandemi Covid-19. Perbanas Journal of Business and Banking, 11(1), 73-92.
Suyono, A., Nurhuda, N., & Sari, M. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan dan Kepedulian Ekonomi Anak berbasis Pretend Play bagi Orang Tua. Studi Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 3(1), 9-17.
Winarni, F. A. S., & Suciptaningsih, O. A. (2024). PENERAPAN MICROSITE BERBASIS PBL PADA MATERI UANG, PENDAPATAN, TABUNGAN, INVESTASI DAN LITERASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SERTA LITERASI FINANSIAL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4097-4110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fransisca Hanita Rusgowanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.