PENGGUNAAN APLIKASI ELSA SPEAK DALAM BELAJAR SPEAKING BAHASA INGGRIS DI SMK SWASTA PELITA HAMPARAN PERAK

Authors

  • Risa Anggraini Universitas Potensi Utama Medan
  • Reni Rosianna Lumbangaol Universitas Potensi Utama Medan
  • Ramadhani Br Pakpahan Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32692

Keywords:

Teknologi, Aplikasi ELSA Speak, Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Abstract

Teknologi yang terintegrasi kedalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris memberikan kemudahan yang sangat signifikan. Salah satunya yaitu aplikasi ELSA Speak. Ada banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ELSA Speak seperti pelafalan, pengenalan aksen, dan juga evaluasi otomatis dimana fitur-fitur ini dirancang untuk membantu penggunanya dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Ada 33 siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji efektivitas dari penggunaan aplikasi ELSA Speak dalam belajar berbicara bahasa Inggris. Setelah belajar keterampilan berbicara menggunakan aplikasi ELSA Speak, kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa perlahan mulai meningkat khususnya dalam hal pelafalan dan kepercayaan diri. Selain itu, mayoritas siswa merasa puas dengan pengalaman belajar menggunakan aplikasi ini dan menganggap aplikasi ELSA Speak sebagai media yang efektif dan menyenangkan. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memberikan dampak positif terhadap keterampilan berbicara siswa

References

Akhmad, N. W., & Munawir, A. (2022). Improving the Students’ Pronunciation Ability by Using Elsa Speak App. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(1), 846–857. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/ideas/article/view/2868

Anes, C. L. E., Wachyudi, K., & Pahlevi, M. R. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi ELSA Speak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1147–1152. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.3235

Anggraini, A. (2022). Improving students’ pronunciation skill using ELSA speak application. Journey: Journal of English Language and Pedagogy, 5(1), 135-141. https://doi.org/10.33503/journey.v5i1.1840

Aswaty, P., & Indari, A. (2022). The effect of using ELSA (English language speech assistant) speak application on students’ speaking ability for the eleventh grade of mas Darul al muhajirin in the academic year 2021/2022. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 18-23. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.616

Chau, K. G. (2021). The Effect of ICT on Learners’ Speaking Skills Development. International Journal of TESOL & Education, 1(1), 22–29. Retrieved from https://i-jte.org/index.php/journal/article/view/4

Dhivya, D. S., Hariharasudan, A., Ragmoun, W., & Alfalih, A. A. (2023). ELSA as an education 4.0 tool for learning business English communication. Sustainability, 15(4), 3809. https://doi.org/10.3390/su15043809

Dini, A. W., Aenida, N. A. N., Fauziah, U., & Saepuloh, A. H. (2020). Aplikasi Elsa Speak Sebagai Inovasi Peningkatan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Di Era Society 5.0: Persepsi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 8-16. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/294

Helmie, J., Puspitawati, T. F., & Salsabila, V. A. (2023). Developing Self-Regulated Learning with Technology Using ELSA Speak in Speaking Classroom. In The International Conference on Multidiscipline Education, 1(1), 347-357. https://jurnal.unsur.ac.id/index.php/ICME/article/view/3696

Hincks, R. (2003). Speech technologies for pronunciation feedback and evaluation. ReCALL, 15(1), 3–20. https://doi.org/10.1017/S0958344003000211

Indari, A. (2023). The detection of pronunciation errors in English speaking skills based on artificial intelligence (AI): Pronunciation, English speaking skills, AI, ELSA application. Jurnal Serunai Bahasa Inggris, 15(2). https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jd/article/view/1007

Khalizah, N., & Damanik, E. S. D. (2024). ELSA Speak: Piquing Demotivated Students to Self-Improve Their Pronunciation with an AI-powered English Speaking Coach. Elsya : Journal of English Language Studies, 6(1), 92-102. https://doi.org/10.31849/elsya.v6i1.18727

Kholis, A. (2021). ELSA: automatic speech recognition (ASR) for supplementing English pronunciation skills. Pedagogy: Journal of English Language Teaching, 9(1), 01-14. https://doi.org/10.32332/joelt.v9i1.2723

Muamar. (2022). Improving the Students’ Pronunciation Using English Language Speech Assistant (Elsa) Application. 2(2), 119–124. https://doi.org/10.56983/jlta.v2i2.153

Nguyen, T. D. T., & Pham, V. P. H. (2022). Effects of using technology to support students in developing speaking skills. International Journal of Language Instruction, 1(1), 1-8. http://i-jli.org/index.php/journal/article/view/18

Samad, I. S., & Ismail, I. (2020). ELSA Speak Application as a Supporting Media in Enhancing Students’ Pronunciation Skill. Majesty Journal, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.33487/majesty.v2i2.510

Sari, P. R. A. ., Wiyaka, & Setyowati, T. . (2023). 102. Optimizing Speaking Skills With Elsa Application: A Classroom Action Research In Seventh Grade Students Of SMP N 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 931–936. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4040

Sarmita Samad, I., & Aminullah, A. (2019). Applying ELSA Speak Software in the Pronunciation Class: Students’ Perception. Edumaspul -Jurnal Pendidikan, 3(1), 56–63. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i1.85

Stevani, M. ., Priono, J. ., Daulay, D. E., & Rambe, S. . (2023). PENGGUNAAN ELSA SPEAK UNTUK MENINGKATKAN PUBLIC SPEAKING DAN PRONUNCIATION BAGI SISWA SMP BUDI MURNI 1 MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3791–3795. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15551

Tampubolon, S., Gaol, D. B. P. L., Sinaga, N. T., & Gultom, S. P. (2023). Students’ Ability in Pronouncing English Words by Using ELSA Speak Application of the Second-Year Students of SMA Eka Prasetya Medan . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5041–5048. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.931

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Anggraini, R. ., Lumbangaol, R. R. ., & Pakpahan, R. B. . (2024). PENGGUNAAN APLIKASI ELSA SPEAK DALAM BELAJAR SPEAKING BAHASA INGGRIS DI SMK SWASTA PELITA HAMPARAN PERAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7241–7245. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32692