PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT MEDIA PRESENTASI INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32568Keywords:
Canva, Media Presentasi, Pelatihan InteraktifAbstract
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Media Presentasi Interaktif diadakan pada 29 Juli 2024, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan alumni Prodi PPKn Universitas Nias dalam merancang presentasi yang efektif dan menarik. Topik ini dipilih karena kebutuhan mendesak untuk menyajikan informasi dengan cara yang visual dan interaktif, seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan profesional. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melibatkan sesi pengenalan fitur Canva, pembuatan slide presentasi dengan elemen grafis, serta praktik mandiri yang didukung oleh instruktur. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, dengan mereka mampu membuat presentasi yang lebih estetis dan engaging. Evaluasi peserta juga menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap materi dan metode pelatihan. Pentingnya hasil ini terletak pada peningkatan kualitas penyampaian informasi oleh para alumni, yang dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi dalam konteks akademik dan profesional. Kesimpulannya, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis tetapi juga mendorong kreativitas dalam pembuatan media presentasi, memberikan manfaat jangka panjang bagi para peserta.References
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177.
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.
Budiarti, R. S., Subagyo, A., & Aina, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Filmora bagi MGMP Biologi Tanjung Jabung Barat. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1170–1180.
Haryanto, S., & Majid, A. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER BAGI GURU MI DI KABUPATEN WONOSOBO. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 257–262.
Haryanto, S., Zahra, R., Merakati, I., Hanafiah, H., Haryati, H., Thasimmim, S. N., & Arifianto, T. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS GAME: PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MENARIK DENGAN TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 868–883.
Jatiningrum, C., Rahmadi, R., Sahban, M. A., Witjaksono, G., Boari, Y., Citra, C., Fithoni, A., Judijanto, L., Jumiati, E., & Sampe, F. (2024). METODOLOGI PENELITIAN TERKINI DALAM EKONOMI: Aplikasi Teknologi dan Pendekatan Multidisiplin. Yayasan Literasi Sains Indonesia.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3).
Meisuri, M., Zuliana, Z., Jahara, J., Mardikawati, B., & Wahyuni, E. (2023). Utilization of Video-Based Learning Media Using the Canva Application. At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam, 9(2), 398–412.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.
Saefullah, A., & Budyartati, S. (2024). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian di LLDIKTI Wilayah 3 Jakarta. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(1).
Sahban, M. A. (2022). Applying the Delphi Technique to Define Entrepreneurial Orientation Variables in Indonesian Business Graduates. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 94–108.
Sahban, M. A. (2023). Exploring the Pathways to Innovation: The Interplay of Transformational Leadership, Knowledge Management Infrastructure, and Organizational Support. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 71–78.
Sahban, M. A. (2024a). OPTIMASI KETERAMPILAN PENGOLAHAN DATA PENELITIAN BAGI DOSEN MELALUI PROGRAM PELATIHAN BERBASIS TEKNOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI SEM PLS, VOSVIEWER DAN ATLAS. TI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6354–6360.
Sahban, M. A. (2024b). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10485–10489.
Sarofah, E., Idrus, I., Setyaningsih, A., Sappaile, B. I., Saputra, A. M. A., & Nugraha, M. A. P. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DALAM PENYAMPAIAN MATERI DI SEKOLAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3070–3076.
Simamora, A. J., Albart, N., Fitri, S. A., & Mulatsih, L. S. (2024). Managerial Ability And Earnings Management: Moderating Role Of Risk-Taking Behavior. Jurnal Akuntansi, 28(2), 357–379.
Sudrajat, D., Sahban, M. A., Sulaminingsih, S., Rahayu, P., Utama, I. W. K., & Novianti, R. (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SPSS DALAM PENGOLAHAN DATA PENELITIA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6014–6018.
Suhariyanto, D., Sudiyarti, S., Nurhayati, N., Anyan, A., Sari, L., & Choerudin, A. (2023). PELATIHAN DAN PEMANFAATAN PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5730–5735.
Sumadikarta, I., & Kurniawan, W. (2022). PELATIHAN DAN PEMANFAATAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA SMK YAYASAN PENDIDIKAN MULIA JAKARTA SELATAN. JURNAL SINERGI, 4(1), 18–28.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.
Vidiadari, I. S., Rismayanti, R., & Tunggal, I. D. A. (2021). Pelatihan Public Speaking dan Pemanfaatan Media Sosial pada Komunitas Women March Yogyakarta. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 244–250.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anugerah Tatema Harefa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.