MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN DAN MENGEMBANGKAN USAHA UMKM TAS ANYAMAN DARI PLASTIK DIDESA TABALONG MATI KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Nurul Hasanah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Hayatun Nisa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Khairunnida Khairunnida Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • M. Zainal Helmi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32565

Keywords:

UMKM, Strategi Pemasaran, Tas Anyaman, Digital Marketing, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan mengembangkan usaha UMKM Tas Anyaman dari Plastik di Desa Tabalong Mati, Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Masalah utama yang dihadapi UMKM ini adalah kesulitan dalam memasarkan produk baik secara konvensional maupun online. Untuk mengatasi masalah ini, kami memberikan pelatihan tentang strategi pemasaran, baik offline maupun online, serta cara memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan volume penjualan. Metode yang digunakan meliputi perencanaan kegiatan, pelatihan, dan evaluasi hasil. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para pengrajin tas anyaman dari plastik mengalami peningkatan dalam pemahaman dan keterampilan mereka dalam memasarkan produk secara efektif. Kesimpulannya, pelatihan dan pendampingan yang diberikan telah membantu UMKM ini meningkatkan strategi pemasaran mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan dan keberlanjutan usaha mereka.

References

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik UMKM Indonesia 2023. BPS Indonesia.

Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99-120.

BPS Hulu Sungai Utara. (2023). Data UMKM Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Hulu Sungai Utara. (2023). Program Pengembangan UMKM di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Google for Small Business. (2023). Online Marketing Strategies for Small Businesses. Retrieved from https://smallbusiness.withgoogle.com/marketing-strategies.

HubSpot. (2022). The Ultimate Guide to Digital Marketing. Retrieved from https://www.hubspot.com/digital-marketing.

Indonesian Ministry of Industry. (2023). Digital Marketing for SMEs. Retrieved from https://www.kemenperin.go.id/digital-marketing-sme.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2022). Laporan Tahunan Kementerian Koperasi dan UKM.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Kerajinan di Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara. (2023). Laporan Perkembangan Ekonomi Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Porter, M. E. (1996). What is Strategy? Harvard Business Review, 74(6), 61-78.

Sarasvathy, S. D. (2001). Causation and Effectuation: Toward a Theoretical Shift from Economic Inevitability to Entrepreneurial Contingency. Academy of Management Review, 26(2), 243-263.

Shopify. (2022). E-commerce Trends for 2022 and Beyond. Retrieved from https://www.shopify.com/ecommerce-trends.

Studi Kasus: Pengembangan UMKM di Desa Tabalong Mati. (2023). Laporan Hasil Pengabdian Masyarakat.

Teece, D. J. (2010). Business Models, Business Strategy and Innovation. Long Range Planning, 43(2-3), 172-194.

Tsai, W. (2001). Knowledge Transfer in Intraorganizational Networks: Effects of Network Position and Absorptive Capacity on Business Unit Innovation and Performance. Academy of Management Journal, 44(5), 996-1004.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Hasanah, N. ., Nisa, H. ., Khairunnida, K., & Helmi, M. Z. . (2024). MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN DAN MENGEMBANGKAN USAHA UMKM TAS ANYAMAN DARI PLASTIK DIDESA TABALONG MATI KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7160–7165. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32565