PENGEMBANGAN USAHA PENGELOHAN CEMILAN AKAR PINANG CRISPY DI DESA KOTA RADEN, KEC. AMUNTAI TENGAH, KAB. HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Ary Yudianto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Eka Santi Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Haris Fadillah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32557

Keywords:

Pengembangan Usaha, Pemberdayaan Ekonomi Lokal, Pelatihan Keterampilan, Diversifikasi Produk. Peningkatan Kesejahteraan.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini berjudul "Pengembangan Usaha Pengelohan Cemilan Akar Pinang Crispy di Desa Kota Raden, Kec. Amuntai Tengah, Kab. Hulu Sungai Utara". Desa Kota Raden memiliki potensi besar dalam pengembangan usaha cemilan akar pinang crispy, namun menghadapi tantangan seperti keterbatasan pengetahuan dan akses pasar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat melalui pelatihan keterampilan, diversifikasi produk, dan pemasaran yang efektif. Metode yang digunakan adalah survei lapangan, wawancara dengan pemangku kepentingan lokal, dan pendekatan partisipatif dalam pelaksanaan pelatihan dan pendampingan usaha. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kesejahteraan masyarakat. Implikasi dari kegiatan ini adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, pemberdayaan ekonomi lokal, dan pemanfaatan optimal potensi alam. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif terhadap masyarakat Desa Kota Raden dan memberikan saran untuk pengembangan usaha di masa depan, termasuk penguatan pelatihan, diversifikasi produk, dan kolaborasi yang lebih luas.

References

Abduh, M. (2018). Inovasi Produk UMKM di Era Digital. Jurnal Ekonomi Kreatif, 5(2), 123-135.

Budi, T. (2019). Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fitriana, R., & Handayani, S. (2020). Peran Media Sosial dalam Pemasaran UMKM. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 45-56.

Hasibuan, A. (2021). Teknologi Informasi untuk Pengembangan UMKM. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumo, F. & Santosa, A., 2018. Strategi Pengembangan Usaha Mikro di Desa Wisata Karetan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Jurnal Ekonomi Pembangunan, pp. 19(2), 115-126.

Mulyani, E. (2017). Pengembangan Produk UMKM Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6(3), 67-79

Purwanto, B., 2019. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Supriyadi, A., 2020. Pendekatan Partisipatif dalam Pengembangan Usaha Mikro di Pedesaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, pp. 4(2), 67-78..

Suryanto, A. & Hadi, S., 2022. Pengembangan Usaha Makanan Ringan Berbahan Baku Akar Pinang di Desa Tegalrejo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah,, pp. 2(1), 25-34..

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Yudianto, A. ., Agustina, E. S. ., & Fadillah, H. . (2024). PENGEMBANGAN USAHA PENGELOHAN CEMILAN AKAR PINANG CRISPY DI DESA KOTA RADEN, KEC. AMUNTAI TENGAH, KAB. HULU SUNGAI UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7119–7124. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32557