PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMANFAATAN PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32555Keywords:
Literasi Digital, Platform Pembelajaran Online, Inovasi Teknologi Pendidikan, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Kecakapan digital diperlukan dalam optimalisasi pemanfaatan platform pembelajaran online. Literasi digital memiliki peran penting dalam menavigasi pemanfaatan platform pembelajaran online secara efektif dan efisien. Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) untuk memperkuat literasi digital dalam pemanfaatan platform pembelajaran online ini terintegrasi dengan “Liblicious 2024” yang merupakan bagian dari Kegiatan “Episentrum” yang diselengarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Program PKM diselenggarakan pada Rabu, 24 April 2024 secara daring melalui kanal YouTube dan Aplikasi Zoom. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum yang memiliki ketertarikan dengan pemanfaatan platform pembelajaran online yaitu 50 peserta. Metode yang dipergunakan dalam program PKM ini adalah talkshow. Penguatan literasi digital diharapkan tidak hanya memberikan kemampuan mengakses, mempergunakan fitur-fitur atau mengatasi masalah teknis pada saat mempergunakan platform pembelajaran online, tetapi juga dapat menciptakan ruang kreativitas digital yang positif, solusi bagaimana pendidik dan pembelajar membangun dan mewujudkan ide melalui teknologi, pengembangan keterampilan kritis, ekspresi diri yang lebih baik, peningkatan rasa percaya diri dan membuka peluang baru dalam berbagai aspek digital. Evaluasi keberhasilan kegiatan dapat dilihat dari acara yang berjalan dengan lancar, pertanyaan-pertanyaan dan proses diskusi sesuai dengan tema, penanya menyatakan dapat memahami jawaban dari narasumber. Berdasarkan indikator-indikator tersebut, dapat disimpulkan bahwa program PKM ini telah berlaksana dengan baik.References
Andarningtyas, N. (2020). Pengguna aplikasi belajar online melonjak 100 persen lebih saat corona. Retrieved from Antara website: https://www.antaranews.com/berita/1409466/pengguna-aplikasi-belajar-online-melonjak-100-persen-lebih-saat-corona
Andriyani, A., Hikayat, C., Asrori, A., Putra, L. I., Hairun, M. S., & Salampessy, Y. (2023). Improvement Teachers’ Digital Literacy Ability Through Workshops on Application E-Learning Platforms in Distance Learning. Indonesian …, 2(6), 429–440. Retrieved from https://journal.formosapublisher.org/index.php/ijsd/article/view/7808%0Ahttps://journal.formosapublisher.org/index.php/ijsd/article/download/7808/7654
Anwar, A. S., Mardisentosa, B., & Williams, A. (2021). The Role Of Technology In Education. IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), 3(1), 36–40. https://doi.org/10.34306/itsdi.v3i1.524
Ganimin, A. J., Emiliana, V., & Hess, F. M. (2020). Realizing the promise: How can education technology improve learning for all? In Brookings. Retrieved from https://www.brookings.edu/essay/realizing-the-promise-how-can-education-technology-improve-learning-for-all/
Ilie, C. (2006). Talk Shows. In Encyclopedia of Language & Linguistics (pp. 489–494). https://doi.org/10.1016/B0-08-044854-2/00357-6
Li, L. (2023). Development of Online Learning Platform for College Ideological and Political Education Based on SSH Architecture. Proceedings of the 2022 2nd International Conference on Education, Information Management and Service Science (EIMSS 2022), 1074–1083. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-024-4
Liu, Z. Y., Lomovtseva, N., & Korobeynikova, E. (2020). Online learning platforms: Reconstructing modern higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(13), 4–21. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i13.14645
Putra, D. A., & Rullyanti, M. (2023). The Importance of Digital Literacy in Improving Students’ Skills in English. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(3), 201–206. https://doi.org/10.33258/joder.v4i3.4519
Reyaz Ahmad Bhat. (2023). Digital Literacy Development: Assessing the Efficacy of Online Learning Platforms in Enhancing Students’ Information Fluency. International Journal of Social Science, Educational, Economics, Agriculture Research and Technology (IJSET), 2(9), 597–599. https://doi.org/10.54443/ijset.v2i9.221
Yulianti, Y., Artanti, G. D., & Kandriasari, A. (2023). The Use of Digital Literacy through E-Learning and Project Assignments in the Food and Beverage Service Course. VEIC, 632–638. Surabaya: Unnes.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nuning Kurniasih, Rd. Funny Mustikasari Elita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.