PELATIHAN PENGGUNAAN CHATBOT ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) KEPADA GURU-GURU SD MAWAR UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32429Keywords:
ial Inteligence, Chatbot, Mengajar, TeknologiAbstract
Artificial Intelligence (AI) merupakan sistem yang dikembangkan dan terus berinovasi dalam bidang studi yang yang dibuat baik pada mesin ataupun komputer yang memiliki kecerdasan sama atau bahkan lebih seperti manusia. Pengabdian ini dalam bentuk pelatihan tentang penggunaan chatbot Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan kemampuan guru guru dalam menggunakan teknologi agar bisa diaplikasikan dalam proses belajar mengajar dikelas. Tujuan pelatihan ini adalah menumbuhkan dan mengembangkan minat dan kreativitas peserta pelatihan dalam menggunakan IPTEK dengan menghadirkan media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology) ke dalam kelas yaitu aplikasi chatbot yang dapat digunakan untuk mengirim pesan digital. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dalam penggunaan aplikasi chatbot AI mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris serta bagaimana mempraktikkannya melalui aplikasi android; memfasilitasi peserta dengan belajar secara mandiri. Lebih lanjut, kegiatan ini juga mengasah keterampilan peserta untuk membuat dan menyampaikan gagasan dalam berkomunikasi secara tertulis dalam aplikasi chatbot. Kegiatan ini dilakukan melalui metode ceramah dan demonstrasi. Kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung(handsonpractice). Metode demonstrasi dan contoh lebih banyak melibatkan penguraian dan cara memperagakan sesuatu melalui contoh-contoh atau dengan kata lain learning bydoing atau learning by practice yang menekankan pada belajar sambil praktik, jadi bukan hanya sekadar teori. Jadi,peserta pelatihan diberi kesempatan untuk mempraktikkan dalam menggunakan chatbot AI. Selain itu, peserta membuat suatu tulisan pendek untuk percakapan dalam aplikasi chatbot dengan dibantu oleh tim pengabdi dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Hasil pelatihan ini diharapkan menunjukkan bahwa semua peserta antusias, senang, dan termotivasi karena aplikasi ini masih asing bagi peserta. Peserta juga telah mengetahui penggunaan aplikasi ini, sehingga secara tidak langsung dapat belajar mandiri kapan dan dimanapun peserta berada.References
Hutasoit,dkk Improving Students' Literacy and Numeracy Skills and Assisting Administrative Activities through The Kampus Mengajar Batch 3 Program at SD Negeri 071169 Ombolata Alasa ,Vol 9 No 1 (2022)
Hutauruk, et.al workshop pengembanganmediapembelajaran bahasa inggris berbasisinformasi dan teknologi di sma negeri 1 sidamanik, Vol.4,No.2Juni 2023,Hal.3967-3970P-ISSN 2721-4990| E-ISSN 2721-50083867
Hutauruk, et.al meningkatkan kemampuan siswa dengan metode ceramah dan tanya jawab di sd negeri 094099 sirube-rube, Vol 5, No 5 (2022)
Sahid. (2016). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis ICT. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Selviana Napitupulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.