PELATIHAN PENGGUNAAN CHATBOT ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) KEPADA GURU-GURU SD MAWAR UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS

Authors

  • Selviana Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Bertaria Sohnata Hutauruk Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Anggun Tiur Ida Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode Kristianto Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Anggun Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32429

Keywords:

ial Inteligence, Chatbot, Mengajar, Teknologi

Abstract

Artificial Intelligence (AI) merupakan sistem yang dikembangkan dan terus berinovasi dalam bidang studi yang yang dibuat baik pada mesin ataupun komputer yang memiliki kecerdasan sama atau bahkan lebih seperti manusia. Pengabdian ini dalam bentuk pelatihan tentang penggunaan chatbot Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan kemampuan guru guru dalam menggunakan teknologi agar bisa diaplikasikan dalam proses belajar mengajar dikelas. Tujuan pelatihan ini adalah menumbuhkan dan mengembangkan minat dan kreativitas peserta pelatihan dalam menggunakan IPTEK dengan menghadirkan media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology) ke dalam kelas yaitu aplikasi chatbot yang dapat digunakan untuk mengirim pesan digital. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dalam penggunaan aplikasi chatbot AI mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris serta bagaimana mempraktikkannya melalui aplikasi android; memfasilitasi peserta dengan belajar secara mandiri. Lebih lanjut, kegiatan ini juga mengasah keterampilan peserta untuk membuat dan menyampaikan gagasan dalam berkomunikasi secara tertulis dalam aplikasi chatbot. Kegiatan ini dilakukan melalui metode ceramah dan demonstrasi. Kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung(handsonpractice). Metode demonstrasi dan contoh lebih banyak melibatkan penguraian dan cara memperagakan sesuatu melalui contoh-contoh atau dengan kata lain learning bydoing atau learning by practice yang menekankan pada belajar sambil praktik, jadi bukan hanya sekadar teori. Jadi,peserta pelatihan diberi kesempatan untuk mempraktikkan dalam menggunakan chatbot AI. Selain itu, peserta membuat suatu tulisan pendek untuk percakapan dalam aplikasi chatbot dengan dibantu oleh tim pengabdi dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Hasil pelatihan ini diharapkan menunjukkan bahwa semua peserta antusias, senang, dan termotivasi karena aplikasi ini masih asing bagi peserta. Peserta juga telah mengetahui penggunaan aplikasi ini, sehingga secara tidak langsung dapat belajar mandiri kapan dan dimanapun peserta berada.

References

Hutasoit,dkk Improving Students' Literacy and Numeracy Skills and Assisting Administrative Activities through The Kampus Mengajar Batch 3 Program at SD Negeri 071169 Ombolata Alasa ,Vol 9 No 1 (2022)

Hutauruk, et.al workshop pengembanganmediapembelajaran bahasa inggris berbasisinformasi dan teknologi di sma negeri 1 sidamanik, Vol.4,No.2Juni 2023,Hal.3967-3970P-ISSN 2721-4990| E-ISSN 2721-50083867

Hutauruk, et.al meningkatkan kemampuan siswa dengan metode ceramah dan tanya jawab di sd negeri 094099 sirube-rube, Vol 5, No 5 (2022)

Sahid. (2016). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis ICT. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, Yogyakarta

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Napitupulu, S. ., Hutauruk, B. S. ., Sinaga, A. T. I. ., Simarmata, R. K. ., & Manurung, A. . (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN CHATBOT ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) KEPADA GURU-GURU SD MAWAR UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7067–7071. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32429