PENGOPTIMALISASIAN PROSES ADMINISTRASI DENGAN PERAN BILLING UNIT PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL DAIHATSU

Authors

  • I Nyoman Jovan Gustika Pramana Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Julia Mahadewi Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32310

Keywords:

Administrasi, Billing Unit, Optimalisasi, Peran

Abstract

Setiap perusahaan menghendaki tercapainya tujuan dan sasaran yang telah digariskan secara efektif dan efisien terutama dalam proses administrasi penjualan. Contohnya pada perusahaan PT. Astra Internasional Daihatsu. Proses administrasi di PT. Astra International Daihatsu melibatkan berbagai aktivitas mulai dari pencatatan transaksi, penagihan kepada pelanggan, pengelolaan data pembayaran, hingga pelaporan keuangan. Billing unit sebagai unit yang bertanggung jawab atas admisnistrasi termasuk pengelolaan dan penagihan transaksi keuangan, memiliki peran sentral dalam memastikan aliran administrasi perusahaan berjalan lancar dan tepat waktu. Namun, masih banyak kelalaian yang terjadi dalam proses pelayanan administrasi yang dilakukan. Maka dari itu, perusahaan sangat perlu mengoptimalkan peran Billing Unit yang mereka miliki. Permasalahan yang akan dianalisis yaitu bagaimana pengoptimalan peran Billing Unit dalam pengelolaan administrasi perusahaan? Dengan pengoptimalan ini diharapkan membantu proses administrasi menjadi lebih cepat, akurat, dan terbuka yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan mitra bisnis. Penelitian difokuskan pada analisis peran Billing Unit dalam proses administrasi, serta bagaimana implementasi sistem yang ada dapat meningkatkan efisiensi kerja. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Billing Unit sangat krusial dalam meningkatkan efisiensi administrasi, terutama dalam pengelolaan tagihan dan pembayaran. Implementasi sistem informasi yang terintegrasi dan pelatihan yang berkelanjutan bagi karyawan Billing Unit menjadi faktor utama dalam mencapai optimalisasi tersebut. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi teknologi informasi, pelatihan terhadap karyawan dan sistem terintegrasi terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi kerja, sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.  

References

Amelia, P. N. (2022). PROSEDUR ADMINISTRASI PENJUALAN DI PT. PENTA VALENT CABANG LAMPUNG.

Boko, Y. A. (2022). Perkembangan Teori Manajemen (Teori Ilmiah Dan Teori Organisasi Klasik). Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), 3(2), 49-61.

CHINTIYA, ANGGRAINI PUTRI (2023) Prosedur Billing Service Tunai Pada Divisi Body & Paint PT. Astra Internasional Tbk-Auto 2000 Way Halim.

Diva Mumtazah Putri Zulferry, & Nurlaila Nurlaila. (2024). Peran Unit Billing And Payment Collection Dalam Melakukan Penagihan Piutang Indihome : Studi Kasus Kantor Telkom Regional 1 Sumatera. Anggaran : Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 308–315. https://doi.org/10.61132/anggaran.v2i1.384

Hartono, R. M. ., & Mahadewi, K. J. . (2023). EDUKASI PENGGUNAAN WEBSITE DALAM PENINGKATAN PEMASARAN BIDANG PROPERTY PT. WOLU SEKAR MAS.Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6335–6339.

Mariska, S., & Sukiyah, S. (2023). Penerapan Teori Manajemen Hanry Fayol Untuk Menjalankan Bisnis. MANTRA (Jurnal Manajemen Strategis), 1(1), 9-16.

Purnayani, N. K. S., Hardy, I. P. D. K., & Martini, N. K. (2023). Gambaran Implementasi Billing System di Puskesmas Seririt II.JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 2(1).

Sukmana, F. H., & Maryanti, S. (2023). TEORI ADMINISTRASI HENRI FAYOL: GAGASAN, KONTRIBUSI, DAN BATASANNYA. Politea: Jurnal Politik Islam, 6(2), 44-66.

Supriyadi, S., Febriyani, S. A., & Anisa, S. N. (2023). PRINSIP TEORI ORGANISASI KLASIK MENURUT HENRY FAYOL. MANTRA (Jurnal Manajemen Strategis), 1(1), 33-42.

Zulferry, D. M. P., & Nurlaila, N. (2024). Peran Unit Billing And Payment Collection Dalam Melakukan Penagihan Piutang Indihome: Studi Kasus Kantor Telkom Regional 1 Sumatera. Anggaran: Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi, 2(1), 308-315.

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Pramana, I. N. J. G. ., & Mahadewi, K. J. . (2024). PENGOPTIMALISASIAN PROSES ADMINISTRASI DENGAN PERAN BILLING UNIT PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL DAIHATSU . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7830–7837. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32310