STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA BERKELANJUTAN DI DESA WISATA KEMBANGBELOR PACET DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32150Keywords:
Desa Kembangbelor, Promosi Wisata Digital, Aplikasi Mobile, Pariwisata berkelanjutanAbstract
Pengembangan pariwisata berkelanjutan di Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal sambil menjaga kelestarian lingkungan. Desa ini memiliki potensi wisata alam dan budaya yang belum sepenuhnya dioptimalkan. Untuk itu, Kembangbelor App, sebuah aplikasi mobile, dikembangkan untuk mempromosikan destinasi wisata desa ini secara digital. Aplikasi ini menyediakan fitur pemesanan tiket online, tampilan 360 derajat, informasi acara, dan daftar vendor lokal, memberikan pengalaman interaktif kepada pengguna. Metode pengembangan melibatkan tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan pendekatan partisipatif. Survei awal dilakukan untuk memahami kondisi geografis dan potensi wisata desa. Kesepakatan kerja sama dengan pihak terkait diperkuat untuk mendukung pelaksanaan program. Sosialisasi dan pelatihan tentang penggunaan aplikasi serta pengelolaan media sosial dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mempromosikan destinasi wisata. Evaluasi dilakukan melalui survei kepuasan pengguna dan sesi umpan balik. Hasilnya menunjukkan peningkatan kunjungan wisatawan dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan. Dengan demikian, Kembangbelor App tidak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan tetapi juga memperkuat ekonomi lokal dan mendukung prinsip pembangunan berkelanjutan, menegaskan pentingnya hasil ini bagi pengembangan pariwisata desa di Indonesia.References
Ashshiddiqi, Muhammad Taufan. 2023. “MENUJU EKONOMI HIJAU: OPTIMALISASI KEUANGAN MIKRO DI BUMDES CIHERANG, CIANJUR.” PANENGEN: JOURNAL OF INDIGENOUS KNOWLEDGE 2(1).
Ayu Wulandari, Sholihah, Sekar Ayu Wulandari, Ahmad Haris Hasanuddin Slamet, Ahmad Fahriyannur Rosyady, Rahmat Dhandy, Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Jember, Program Studi Manajemen Agroindustri Politeknik Negeri Jember Jalan Mastrip POBOX, and Laman Resmi. 2022. “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ALAT STERILISASI BUAH MENGGUNAKAN OZONE-BOX Business Development Strategy for Fruit Sterilizer Using Ozone-Box FOOD SCIENTIA Journal of Food Science and Technology.” Food Scientia Journal of Food Science and Technology 2(2):119–38. doi: https://doi.org/10.33830/fsj.v2i2.3690.2022 .
Dadan, Sulyana, and Bambang Widodo. 2020. “Revitalisasi Dan Konservasi Permainan Anak Tradisional Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Banyumas.” Gulawentah:Jurnal Studi Sosial 5(2):107. doi: 10.25273/gulawentah.v5i2.6853.
Donoriyanto, Dwi Sukma, Erwan Adi Saputro, Endang Pudji Widjajati, Rus Indiyanto, and Moch Tutuk Safirin. 2023. “PENYULUHAN PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA INTERNET MARKETING.” Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas 9(1). doi: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.11057 .
Irma Suryani, Ade. 2017. “STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA LOKAL.” Jurnal Spasial: Penelitian, Terapan Ilmu Geografi, Dan Pendidikan Geografi 3(1).
Khofifah, Siti, and Jumiati. 2022. “STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA MANDEH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT OLEH DINAS PARIWISATA KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN PESISIR SELATAN.” JURNALLOCUS:Penelitian & Pengabdian 1. doi: https://doi.org/10.58344/locus.v1i8.246 .
Mafulla, Dian, Sudiah Hestianah, Abdul Kholik El, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi Darul, Falah Mojokerto, and Abdul Kholik. 2021. “Efektifitas Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Promosi Online Kawasan Wisata Pacet Mojokerto Sudiah Hestianah.” El-Idaarah; Jurnal Manajemen 1:2808–7755.
Rosyady Ahmad Fahriyannur, Hamdi Fadlil Liwaul, and Rizky Rachmadani Anggowo. 2022. “Digitalisasi UMKM Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis Dan Inovasi Pada Industri Kreatif.” Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM) 4(1).
Satria, Deddy M., and Aan Suriadi. 2023. “Perancangan Aset Konten Digital Untuk Kegiatan Promosi Agrowisata.” SABAJAYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.
Sucipto, Adi, Ahmad Fahriyannur Rosyady, Sholihah Ayu Wulandari, Yona Prasegi Nabila Rahma Yusrilfa Trisyayanti, Mochammad Enrique Lazuardi Ramadany, Yona Prasegi, and Nabila Rahma Yusrilfa Trisyayanti. 2024. “Pengembangan Digital Marketing Dan Modifikasi Produk BerbasisInfrared Proximity Reflective Method (IPRM) Menggunakan Olahan Limbah Logam Pada UMKM Prasegi ART.” National Conference for Community Service (NaCosVi).
Utomo Denny Trias, Albaab Mochammad Rifki Ulil, Sucipto Adi, Wulandari Sholihah Ayu, Rosyady Ahmad Fahriyannur, Putra Chrisna Firman Alamsyah, and Arfaq Mochammad. 2023. “Pengembangan Digi Ecosmart, Ekosistem Ekonomi Digital Berbasis Immersive Technology PT Nuswantoro Teknologi.” JEECOM 5(9–10). doi: https://doi.org/10.33650/jeecom.v5i1.5141
Zaenal A., and Riswan Kuntum Khaira. 2024. “Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara Pada 2023 Tertinggi Dalam 5 Tahun Terakhir.” Antaranews.Com. Retrieved July 4, 2024 (https://jabar.antaranews.com/berita/487689/jumlah-kunjungan-wisatawan-nusantara-pada-2023-tertinggi-dalam-5-tahun-terakhir )
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sholihah Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.