PELATIHAN ALUR MERDEKA BELAJAR DALAM MEMAHAMI PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI GURU DI SD N 12 INDRALAYA UTARA

Authors

  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32148

Keywords:

Kurikulum, Merdeka Belajar, profil pelajar Pancasila

Abstract

Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk mengatasi masalah utama dalam pendidikan, yaitu mencetak siswa dengan kompetensi yang diharapkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Kurikulum Merdeka merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum ini tidak hanya mendidik siswa menjadi cerdas, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri mereka, yang diwujudkan melalui Profil Pelajar Pancasila. Tujuan PKM ini memberikan pelatihan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbukan profil pelajar pancasila guru dan siswa pada SD Negeri 12 Indralaya Utara. Adapun sekolah mitra kegiatan ini yaitu SD Negeri 12 Indralaya Utara yang terdiri dari 25 guru. Metode yang digunakan workshop dan diskusi tanya jawab. Kegiatan ini di rasakan sangat bermanfaat bagi guru sebagai tenaga pendidik disekolah dasar terlebih kurikulum merdeka belajar adalah kurikulum baru yang mana guru masih perlu diberikan pelatihan-pelatiahan. Berdasarkan hasil angket rata 95% guru dapat menyatakan sangat senang dengan pelatihan alur merdeka belajar dalam memahami profil pelajar pancasila 5% lainya menyatakan senang.

References

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Cahyaningrum, D. E., & Diana, (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Kahfi, A., Binamadani, S., (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar. DOI: https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886–893. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3483.

Martati, Badruli. (2022). Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran di sekolah dasar. Proceedings Membangun Karakter dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14907.

Maulana, H. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Alam. Jurnal Khasanah Ilmu, 7(Nomor 1), 21–31. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/474.

Nurun Alanur, S. S, (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553

Air Angara, D. (n.d.). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP (Vol. 5). Jurnal Pendidikan dan konseling. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11241

Pengembangan, P., Penguatan, P., & Pancasila, P. P. (2022). Projek Penguatan Profil Pancasila. Republik Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Ayurachmawati, P. ., Syaflin, S. L. ., & Dedy, A. . (2024). PELATIHAN ALUR MERDEKA BELAJAR DALAM MEMAHAMI PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI GURU DI SD N 12 INDRALAYA UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6828–6833. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32148