PEMBERDAYAAN PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI EKONOMI BAGI SANDWICH GENERATION

Authors

  • Mariyudi Mariyudi Universitas Malikussaleh
  • Saifuddin Yunus Yunus Universitas Malikussaleh
  • Khairil Anwar Universitas Malikussaleh
  • Faisal Matriadi Matriadi Universitas Malikussaleh
  • Ikramuddin Ikramuddin Universitas Malikussaleh
  • Teuku Fadhla Universitas Abulyatama
  • Rio Wiratama Wiratama Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Pavel Askari Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32147

Keywords:

Sandwich Generation, Parenting, Digital Marketing, UMKM.

Abstract

Desa Hagu Selatan merupakan salah satu desa yang ada di Kota Lhokseumawe dengan fenomena sosial yang menunjukkan banyak kaum perempuan memikul beban tanggung jawab besar kepada orang tua lanjut usia dan anak-anak secara bersamaan yang tercermin dalam sandwich generation.  Program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan informasi terkait inovasi dan kreatifitas yang dapat dilakukan pelaku UMKM dalam meningkatkan produktifitas bisnis mereka. Selain itu pelaksana juga melakukan pendampingan dan pemberdayaan pelaku UMKM dalam pengembangan bisnis, dan memberikan pemahaman kepada sandwich generation tentang pentingnya peran ganda mereka dalam menciptakan keluarga yang bahagia. Metode yang digunakan adalah Collaborative Decision Making: Community-Based Methods dengan pendekatan SARAR terhadap 25 perempuan sandwich generation. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dilaksanakan secara atraktif dan partisipatif dalam bentuk presentasi, diskusi tanya jawab, dan curah pendapat.  Masyarakat yang merupakan peserta perempuan sandwich generation mengaku sangat tertarik dengan isu dan tema yang dipilih karena merasakan manfaat yang sangat besar bagi kelangsungan hidup mereka. Peningkatan daya tarik dan minat yang dibarengi dengan peningkatan kemampuan terhadap digital parenting diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Hagu Selatan.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Mariyudi, M., Yunus, S. Y., Anwar, K. ., Matriadi, F. M., Ikramuddin, I., Fadhla, T. ., Wiratama, R. W., & Askari, M. P. . (2024). PEMBERDAYAAN PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI EKONOMI BAGI SANDWICH GENERATION. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6819–6827. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32147