PELATIHAN PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU DI KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32144Keywords:
Media, Blog, PembelajaranAbstract
Blog saat ini bukanlah sesuatu yang baru namun pemanfaatannya sebagai media dalam pembelajaran belum familiar di kalangan guru, ini ditandai dengan tidak adanya peserta pelatihan yang memiliki blog. Di sisi lain terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa blog berada dalam ketegori baik dan efektif sebagai media pembelajaran. Pelatihan ini diikuti oleh peserta sebanyak 13 orang yang berasal dari beberapa sekolah di Kabupaten Maros baik di Tingkat SD maupun SMP. Pendekatan yang dipakai untuk mencapai tujuan pelatihan meliputi beberapa jenis kegiatan yaitu presentasi, demonstrasi, dan evaluasi melalui instrument goggle form. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa WhatsApp, Google Classroom, dan Zoom adalah aplikasi yang digunakan guru di kabupaten Maros sebagai media dalam pembelajaran dengan presentase15,38% guru menggunakan aplikasi zoom, 53, 85% menggunakan aplikasi Google Classroom, 23,08% guru menerapkan dua aplikasi belajar yaitu Google Classroom dan zoom, sementara 7,69% guru hanya menggunakan aplikasi WhatsApp dalam menggunakan pembelajaran daring. Adapun respon peserta pelatihan menunjukkan apresiasi positif oleh peserta, dan menjadi salah satu media baru yang dapat digunakan oleh guru di Kabupaten Maros dalam pembelajaran.Downloads
Published
2024-07-24
How to Cite
Fatmayanti, A. ., Amaliah, R. ., Agung, E. A. ., & Khaerati, K. (2024). PELATIHAN PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU DI KABUPATEN MAROS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6808–6812. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32144
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Andi Fatmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.