PENDIDIKAN LINTAS BUDAYA SEJAK DINI SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR BULLYING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risna Srinawati Universitas Khairun
  • Asri S. Tamalene Universitas Khairun
  • Pamuti Pamuti Universitas Khairun
  • M. Irfan Hasanuddin Universitas Khairun
  • Wulan Rahayu Universitas Khairun
  • Alifia Ansar Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32093

Keywords:

Bullying, Pendidikan Lintas Budaya, Sekolah Dasar

Abstract

Kasus bullying di kalangan siswa SD, termasuk di SD Negeri 1 Kota Ternate, menjadi perhatian serius di Indonesia karena dampak negatifnya pada kesehatan mental dan prestasi akademik siswa. Untuk meminimalisir bullying, program pengabdian masyarakat ini mengangkat topik pendidikan lintas budaya sejak dini untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan menghargai keberagaman. Metode pelaksanaannya terdiri dari tiga tahap: Menganalisis Kebutuhan Informasi Bullying melalui survei dan wawancara untuk memahami tingkat pemahaman tentang bullying. Memberikan Edukasi tentang Keberagaman dan Bahaya Bullying melalui pelatihan, poster, brosur, dan video edukasi untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang definisi, jenis, dan dampak bullying serta pentingnya menghargai perbedaan. Metode pembelajaran melibatkan diskusi kelompok, permainan, dan simulasi. Aplikasi dalam Masyarakat Sekolah dengan menerapkan kebijakan anti-bullying, pembentukan tim pendukung, dan kegiatan yang mempromosikan keberagaman seperti hari kebudayaan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman tentang bullying di kalangan siswa, guru, dan orang tua. Kesadaran siswa untuk melaporkan bullying meningkat, sehingga jumlah kasus bullying menurun. Edukasi keberagaman juga berhasil meningkatkan rasa saling menghargai antar siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan inklusif. Kesimpulannya, pendidikan lintas budaya sejak dini efektif dalam meminimalisir bullying di SD, menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung perkembangan sosial-emosional siswa. Implementasi berkelanjutan dan evaluasi rutin diperlukan untuk memastikan efektivitas program.

References

Daniati, N. S., & Aliyyah, R. R. (2023). Pembelajaran Anti Perundungan: Persepsi Guru Kelas Rendah pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 3022-3047.

Isnaeni Rahmat, N., Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis faktor-faktor yang menyebabkan bullying di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804-3815.

Lestari, W. S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab bullying di kalangan peserta didik (studi kasus pada siswa smpn 2 kota tangerang selatan) (Bachelor's thesis).

Mayunita, S., Fida, W. N., Ulfa, M., & Suhada, S. (2023). Sosialisasi Perlindungan Terhadap Korban Bullying Sebagai Wujud Sekolah Anti Bullying Di Sma Negeri 1 Wabula. JCOMENT (Journal of Community Empowerment), 4(3), 162-176.

Membaca Statistik tentang Kasus Bullying di Indonesia – depoedu.com, https://www.depoedu.com/2022/12/13/edu-talk/membaca-statistik-tentang-kasus-bullying-di-indonesia/. 2023

Radarjambi.co id. Minimnya Pendidikan Karater Siswa https://radarjambi.co.id/read/2021/07/19/27084/minimnya-pendidikan-karater-siswa/. 2023

Rosmi, F., Kartikasari, P., Yuningsih, S., & Anggraeni, L. (2023). Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Rendah SDN Pamulang Indah. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(6), 84-101.

Salamah, F. (2023). Peran Orang Tua dalam Pencegahan Bullying Pada Anak (Studi Literatur) (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Zega, S. A., Nadia, N., Yuniar, T., Iqbal, M., Apriliansyah, S., Abriel, M., & Yunan, P. D. (2024). Sosialisasi Bullying Sekolah: Di Smp Muhammadiyah 26 Jakarta Barat. Perspektif, 3(1).

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Srinawati, R. ., Tamalene, A. S. ., Pamuti, P., Hasanuddin, M. I., Rahayu, W. ., & Ansar, A. . (2024). PENDIDIKAN LINTAS BUDAYA SEJAK DINI SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR BULLYING DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7719–7724. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32093